Konsumsi Junkfood dan Makanan Olahan Bisa Buat Seseorang Lebih Cepat Menua

Rabu, 9 September 2020 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Junkfood dan Makanan Olahan Bisa Buat Seseorang Lebih Cepat Menua Ilustrasi Makan Makanan Cepat Saji. ©iStock

Merdeka.com - Selama ini, makanan cepat saji atau junk food merupakan salah satu jenis makanan yang disarankan untuk dihindari. Sejumlah dampak seperti kegemukan hingga risiko masalah jantung bisa dialami ketika mengonsumsi makanan ini.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap satu lagi dampak buruk yang bisa muncul akibat konsumsi junk food ini. Diketahui bahwa tingginya konsumsi junk food olahan bisa menyebabkan perubahan kromosom yang berhubungan dengan penuaan.

Dilansir dari Japan Today, diketahui bahwa tiga porsi atau lebih makanan olahan setiap hari meningkatkan masalah DNA dan protein bernama telomeres yang ditemui pada ujung kromosom. Kondisi ini bakal lebih pendek dibanding pada mereka yang jarang mengonsumsi makanan ini.

Telomeres yang pendek ini merupakan penanda kehidupan biologis pada tngkat sel. Hasil penelitian mengungkap bahwa pola makan merupakan faktor yang membuat sel ini menua lebih cepat.

Walaupun hubungannya cukup kuat, namun sebab akibat antara konsumsi makanan olahan dengan menyusutnya telomeres ini masih diperkirakan. Penelitian lanjutan masih dibutuhkan untuk mengungkap hubungan pastinya.

Baca Selanjutnya: Semakin kita menua telomeres bakal...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini