Konsumsi Jamur Ternyata Bisa Cegah Penurunan Fungsi Otak

Senin, 18 Maret 2019 16:09 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Jamur Ternyata Bisa Cegah Penurunan Fungsi Otak Ilustrasi jamur. ©Shutterstock.com/Gayvoronskaya_Yana

Merdeka.com - Jamur merupakan salah satu bahan makanan yang mudah diperoleh serta memiliki rasa yang lezat. Terdapat sejumlah jamur yang beracun namun sebagian lainnya bisa dikonsumsi dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa.

Dilansir dari NY Post, diketahui bahwa jamur ternyata memiliki manfaat untuk kesehatan otak. Disebut bahwa risiko penurunan fungsi otak pada usia tua menurun hingga 50 persen ketika mengonsumsi jamur.

Hasil penelitian ini sendiri didapat dari data NUS Yong Loo Lin School of Medicine. Peneliti dari Departemen Pengobatan Psikologikal dan Departemen Biokimia mengatakan bahwa dua prosi standard jamur (sekitar 300 gram) setiap minggu dapat menurunkan risiko munculnya gangguan kognitif ringan hingga setengahnya.

Penderita gangguan kognitif ringan diketahui memiliki tingkat asam amino bernama ergothioneine (ET) yang rendah.

"ET merupakan antioksidan unik dan anti-inflamasi yang tak bisa diciptakan oleh tubuh manusia dengan sendirinya," jelas Irwin Cheah, peneliti biokimia senior di NUS.

"Namun hal ini bisa didapat dari sumber makanan yang salah satu sumber utamanya merupakan jamur," sambungnya.

Peneliti menyebut bahwa hasil temuan dari penelitian yang dilakukan selama enam tahun ini dapat menjadi cara mudah bagi orang berusia 60 tahun ke atas untuk menjaga kesehatan tubuh.

"Hubungan ini sungguh mengejutkan dan memberi harapan," jelas Feng Lei, asisten profesor dari Pengobatan Psikologi NUS.

"Tampaknya salah satu bahan makanan yang cukup umum ini memegang peranan besar dalam mencegah efek dramatis menurunnya kognitif," tandasnya. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini