Konsumsi Jamur Secara Rutin Diketahui Bisa Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Jumat, 20 September 2019 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Konsumsi Jamur Secara Rutin Diketahui Bisa Menurunkan Risiko Kanker Prostat Ilustrasi jamur. Shutterstock/Subbotina Anna

Merdeka.com - Jamur telah lama menjadi salah satu makanan yang memiliki manfaat besar pada kesehatan seseorang. Beberapa jenis jamur bahkan memiliki manfaat kesehatan yang tidak bisa dikesampingkan.

Namun ternyata baru saja diketahui satu lagi manfaat yang bisa diperoleh dari konsumsi jamur ini. Berdasar sebuah percobaan klinis, diketahui bahwa konsumsi jamur secara rutin bisa mengurangi risiko seorang pria mengalami kanker prostat.

Penelitian yang dilakukan di Jepang ini merupakan yang pertama menghubungkan antara konsumsi jarum dan kemunculan kanker prostat. Penelitian ini hadir di tengah maraknya pengetahuan mengenai potensi jamur dalam melawan sejumlah penyakit yang muncul.

Sebelumnya, sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2012 memiliki hasil yang cukup mencengangkan karena mengungkap kandungan antikanker, antiperadangan, dan antidiabetes dari jamur. Walau begitu, hanya satu percobaan manusia yang mengungkap hubungan antara jamur dengan prostat.

Pada penelitian terbaru yang dipublikasikan di International Journal of Cancer ini, diambil data dari 36.499 pria di jepang yang berusia antara 40 hingga 79 tahun. Para partisipan penelitian diambil datanya selama kira-kira 13,2 tahun.

Terdapat 1.204 kasus kanker prostat selama periode penelitian. Hal ini terdapat pada 3,3 persen partisipan.

2 dari 4 halaman

Semakin Banyak Makan Jamur Turunkan Risiko Kanker Prostat

makan jamur turunkan risiko kanker prostat

Salah satu temuan utama dari penelitian ini adalah bahwa mereka yang mengonsumsi jamur sekali atau dua kali seminggu memiliki risiko lebih rendah mengalami kanker prostat. Diketahui risiko menurun 8,8 persen dibanding mereka yang makan jamur kurang dari sekali seminggu.

Hasil penelitian juga mengungkap bahwa mereka yang makan jamur tiga hingga empat kali seminggu memiliki risiko kanker prostat lebih rendah 17 persen. Temuan ini tentu sangat mengejutkan dan memberi harapan baru bagi pria.

3 dari 4 halaman

Jamur Memiliki Kandungan Antioksidan

kandungan antioksidan

Pada sejumlah partisipan penelitian, ekstrak jamur mengurangi tingkat antigen khusus prostat yang merupakan penanda utama munculnya kanker prostat. Lebih lanjut, kekebalan tubuh terhadap kanker ini juga meningkat.

Diketahui bahwa jamur mungkin bermanfaat karena kandungan antioksidan di dalamnya. Sejumlah jamur diketahui mengandung L-ergothioneine dan glutathione, yang merupakan antioksidan yang sangat kuat.

4 dari 4 halaman

Perbedaan Signifikan pada Penderita Kanker Prostat

pada penderita kanker prostat

"Penelitian ini merupakan yang pertama mengungkap manfaat pencegahan kanker prostat dari jarum pada jumlah besar," tulis peneliti dari temuan ini.

Hubungan dari konsumsi jamur ini juga tetap signifikan walau dilakukan kontrol terhadap sejumlah faktor. Sayangnya efek ini hanya signifikan pada pria yang berusia di atas 50 tahun. Pasalnya, kanker prostat juga cukup jarang dialami oleh pria muda. [RWP]

Baca juga:
Kurang Bercinta Bisa Tingkatkan Peluang Orang Tua Mengalami Kanker
Kanker Payudara Juga Bisa Menyerang Pria, Ini Gejala Awal yang Muncul
Ini Alasan Banyak Pengidap Kanker Percaya Pengobatan Alternatif Walau Belum Terbukti
Tiga Siswa SMA Penemu Obat Kanker Bertemu Menkes

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini