Konsumsi 7 makanan ini bisa perburuk penyakit asam urat yang kamu derita

Senin, 16 Oktober 2017 13:56 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Konsumsi 7 makanan ini bisa perburuk penyakit asam urat yang kamu derita Ilustrasi junk food. Food NDTV

Merdeka.com - Asam urat merupakan penyakit yang timbul akibat penumpukkan asam urat sebagai hasil dari penguraian zat purin yang ada di dalam sel-sel tubuh. Jika jumlah asam urat yang dibuang lebih kecil daripada jumlah produksinya, maka sisanya akan tertimbun dan membentuk kristal tajam di persendian dan menimbulkan peradangan yang terasa sangat sakit.

Salah satu faktor penyebab asam urat yang umum adalah berasal dari makanan tinggi zat purin. Dilansir dari boldsky.com, berikut adalah beberapa contoh makanan yang bisa memperburuk penyakit asam uratmu.

Makanan dari tepung

Tepung, terutama tepung putih olahan yang biasa kamu makan tidak mengandung banyak nutrisi sehat. Malahan, mengonsumsinya secara berlebihan bisa memicu peradangan.

Makanan tinggi asam lemak omega 6

Asam lemak omega 6 memang penting untuk kesehatan tubuh. Namun mengonsumsinya secara berlebihan bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh. Beberapa contoh makanan tinggi asam lemak omega 6 yang harus kamu konsumsi secara bijak adalah minyak jagung, minyak bunga matahari, hingga mayones.

Makanan manis

Selain bisa menyebabkan diabetes, makanan manis akan meningkatkan peradangan dalam tubuh.

Makanan tinggi garam

Makanan tinggi garam dikenal bisa memperburuk asam urat hingga penyakit autoimun seperti rematik, psoriasis, serta multiple sclerosis.

Gorengan

Gorengan sudah jelas mengandung lemak jenuh yang bisa meningkatkan peradangan dalam tubuh dan memperburuk penyakit asam urat.

Makanan yang dibakar

Makanan yang diolah dengan cara tertentu seperti dipanggang, dimasak berlebih, atau dibakar akan menghasilkan toksin tertentu. Toksin atau racun ini bisa memicu peradangan dalam tubuh.

Produk olahan susu

Pada beberapa orang, susu dan produk olahannya bisa menyebabkan peradangan yang memperburuk penyakit asam urat. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini