Kongo, tempat terburuk untuk ibu dan anak

Rabu, 8 Mei 2013 15:05 Reporter : Kun Sila Ananda
Kongo, tempat terburuk untuk ibu dan anak Ibu dan anak di Kongo. ©AP Photo/Karel Prinsloo

Merdeka.com - Kehidupan para wanita memang berbeda-beda di berbagai negara. Namun ada satu tempat yang paling buruk jika Anda menjadi seorang ibu, yaitu Republik Kongo.

Berdasarkan laporan Save the Children, Kongo berada pada peringkat paling bawah mengenai kesehatan ibu hamil, ibu yang melahirkan, dan kesehatan anak. Save the Children merupakan organisasi non-profit yang mengamati berbagai faktor termasuk kesehatan, pendidikan, dan tingkat kematian anak pada 176 negara.

Kongo merupakan negara dengan peringkat terbawah dengan angka kematian tinggi pada ibu hamil dan melahirkan, serta anak-anak. Setidaknya satu dari 30 wanita di Kongo meninggal karena masalah yang berkaitan dengan kehamilan. Sementara itu, satu dari tujuh anak meninggal sebelum mencapai usia lima tahun.

Angka yang memprihatinkan juga terlihat di India. Angka kematian bayi di India mencapai 29 persen. Sementara angka kematian ibu hamil dan melahirkan per tahun lebih tinggi dibandingkan negara lain, seperti dilansir oleh Newser (07/05).

Lantas, di mana tempat terbaik bagi para ibu? Finlandia menduduki peringkat pertama, diikuti dengan Swedia, Norwegia, Islandia, dan Belanda. Amerika Serikat menduduki peringkat ke-30, dan memiliki angka kematian anak tertinggi dibandingkan dengan negara industri lainnya. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini