Kondisi Gizi Seimbang Berperan Penting pada Anak di Masa Pandemi COVID-19

Senin, 7 September 2020 15:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kondisi Gizi Seimbang Berperan Penting pada Anak di Masa Pandemi COVID-19 Ilustrasi anak makan. thehealthsite

Merdeka.com - Gizi yang seimbang merupakan sebuah hal yang penting untuk diperoleh semua anak. Hal ini semakin penting terutama pada masa pandemi COVID-19 saat ini untuk mencegah masuknya virus ke dalam tubuh.

Ada beberapa pedoman yang dapat diikuti oleh orangtua agar dapat menyediakan makanan dengan gizi seimbang untuk buah hati.

“Yang pertama, di dalam isi piring anak ada sumber pangan karbohidrat, ini untuk energi tubuh. Kemudian, ada protein, selain untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, protein juga diperlukan untuk sistem kekebalan tubuh,” ujar ahli gizi IPB Prof. Dr Ir. Sri Anna Marliyati, MSi, beberapa waktu lalu.

Karbohidrat bisa didapat dari nasi, jagung, roti, sagu dan bahan lainnya. Sedang, protein bisa didapat dari telur, daging ayam, dan ikan.

Selain karbohidrat dan protein, asupan vitamin dan mineral juga harus ada dalam isi piring anak. Tak hanya sebagai zat pengatur berbagai proses metabolisme dalam tubuh, vitamin dan mineral juga dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Vitamin dan mineral ini bisa didapat dari berbagai macam buah dan sayur.

Baca Selanjutnya: Antioksidan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini