Fakta Anoreksia

Kiat mencegah anoreksia sejak dini

Sabtu, 21 September 2013 17:03 Reporter : Vizcardine Audinovic
Kiat mencegah anoreksia sejak dini Ilustrasi anoreksia. ©Shutterstock/tommaso lizzul

Merdeka.com - Gangguan makan seperti anoreksia kerap menimpa para remaja. Mereka merasa bentuk tubuhnya tidak sempurna sehingga melakukan diet ketat yang membahayakan tubuh. Sebenarnya anoreksia bisa dicegah sejak dini, asal para orang tua mau ikut terjun mengawasi perkembangan anak. Simak ulasan selengkapnya seperti dilansir e-How.

1. Cegah sejak masih anak-anak

Ajarkan pola hidup sehat pada anak seperti mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga. Jangan mendorong untuk diet, kecuali anak Anda mengalami obesitas.

2. Perhatikan anak remaja Anda

Anoreksia cenderung menyerang pada remaja terutama anak gadis yang perfeksionis. Dengarkan anak Anda yang sering mengeluh "gemuk". Untuk membantu mencegah anoreksia, pastikan Anda ikut memantau diet anak agar tidak melakukan diet dan olahraga ekstrem.

3. Jangan menyela tubuh anak

Remaja sangat sensitif dan tidak suka ditertawakan. Jika tubuh si anak tidak ideal, daripada mengoloknya sebaiknya ajarkan anak untuk mengikuti gaya hidup sehat agar tubuhnya kembali ideal.

4. Jangan menyela tubuh orang lain

Anda juga harus memberi contoh yang baik pada anak. Jangan suka menyela tubuh orang lain sebab hal tersebut akan berdampak pada cara si anak memandang bentuk tubuh orang lain.

5. Bersikap terbuka

Jika anak Anda mulai merasa cemas dan takut dengan bentuk tubuhnya, rangkul anak Anda dan ajak untuk berkomunikasi. Biasanya penderita anoreksia adalah anak yang tertutup dan punya rasa rendah diri.

Baca juga:

7 Fakta penting tentang anoreksia pria

5 Kebiasaan penderita anoreksia

Gangguan makan bisa pengaruhi kesuburan wanita?

Penderita anoreksia selalu berpikir dirinya gendut [vic]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini