Ketika Merasa Akan Pingsan, Lakukan Sejumlah Hal ini Untuk Mengatasinya

Rabu, 3 Juli 2019 08:25 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketika Merasa Akan Pingsan, Lakukan Sejumlah Hal ini Untuk Mengatasinya Ilustrasi pingsan. Shutterstock/Andrey_Popov

Merdeka.com - Ketika tengah kelelahan atau pada kondisi kesehatan tertentu kadang kamu merasakan perasaan melayang atau bahkan pingsan. Hal ini sebenarnya bisa dihindari ketika kamu mengetahui tanda-tanda yang mungkin muncul sebelum pingsan dan mengatasinya.

Dilansir dari Self, pingsan biasanya terjadi ketika secara temporer otak tidak mendapat asupan darah yang cukup sehingga kamu kehilangan kesadaran. Hilangnya kesadaran pada dirimu ini biasanya hanya sekejap saja.

Pingsan yang terjadi mungkin tidak menghadirkan dampak kesehatan yang signifikan. Walau begitu, bisa jadi kondisi ini terjadi karena penyakit yang serius dan sering melibatkan kondisi jantungmu.

Ketika kamu sering kehilangan kesadaran, mungkin saja terdapat masalah kesehatan yang perlu kamu tangani. Bahkan jika hal ini sering terjadi, kamu harus mengonsultasikannya dengan dokter.

Sebelum kamu pingsan, biasanya akan muncul sensasi melayang yang kamu rasakan. Ketika hal itu terjadi, berikut sejumlah hal yang sebaiknya kamu lakukan:

- Duduk atau berbaring. Untuk menghindari agar kamu tidak pingsan dan kehilangan kesadaran, lakukan hal ini serta jangan berdiri atau terbangun terlalu cepat.
- Letakkan kepala di pangkuan dan di antara lutut ketika kamu duduk.

Seringkali pertolongan yang terjadi ini biasanya diterapkan kepada orang lain yang pingsan. Ketika kamu melihat orang lain pingsan, ini hal yang sebaiknya kamu lakukan:

- Baringkan orang tersebut dan tidur telentang. Ketika tidak terlihat cedera dan masalah pernapasan, angkat kaki orang tersebut, longgarkan ikat pinggang, kerah, atau ketika baju terlalu ketat.
- Agar orang tersebut tidak pingsan lagi, jangan bangunkan orang tersebut terlalu cepat.
- Periksa napas yang keluar. Panggil ambulans jika pernapasan tampak tak stabil.

Sejumlah cara tersebut bisa kamu terapkan untuk dirimu atau ketika orang lain mengalami pingsan. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini