Ketahui Risiko Tinggi yang Muncul dari Penggunaan Internet Secara Intens

Kamis, 2 September 2021 13:02 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketahui Risiko Tinggi yang Muncul dari Penggunaan Internet Secara Intens Ilustrasi menggunakan smartphone. ©Shutterstock

Merdeka.com - Pada masa kini, penggunaan internet merupakan hal yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan. Sayangnya, penggunaan internet dalam intensitas tinggi ini justru bisa berdampak buruk pada seseorang.

Psikolog dari Universitas Indonesia A. Kasandra Putranto mengatakan intensitas penggunaan smartphone dan internet, terutama untuk keperluan bermedia sosial yang tinggi di zaman sekarang tak luput dari risiko yang tinggi pula terhadap cyber bullying atau perundungan di dunia maya.

"Meski berguna untuk melakukan kegiatan sehari-hari, penggunaan smartphone juga berisiko tinggi terhadap perundungan online. Ini karena masih banyak yang belum teredukasi dengan baik dalam hal penggunaannya," kata Kasandra beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Kasandra kemudian mengungkapkan tindakan preventif yang dapat dihindari dilakukan untuk menghindari perundungan di dunia maya, salah satunya dengan menerapkan pola berpikir sebelum bertindak.

"Berpikir terlebih dahulu sebelum membuat tindakan secara online, seperti halnya saat akan membuat unggahan," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa berdasarkan teori pilihan, sumber dari masalah atas perilaku individu adalah pilihan individu itu sendiri. Perilaku tersebut mencakup unsur perbuatan, pemikiran, perasaan, dan fisiologi yang disebut total behavior yang berada di bawah kendali individu.

"Sehingga pola berpikir terlebih dahulu sebelum membuat tindakan di dunia maya akan menjadi tindakan preventif terhadap perundungan online, mengacu pada total behavior yang dapat membuat individu bertindak di bawah kendali diri," tuturnya.

Baca Selanjutnya: Perundungan Online Harus Segera Dilaporkan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini