Ketahui Kanker Payudara Tipe HER2 yang Tak Bisa Dikenali Hanya dengan Rabaan

Jumat, 26 Maret 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketahui Kanker Payudara Tipe HER2 yang Tak Bisa Dikenali Hanya dengan Rabaan Ilustrasi Kanker Payudara. ©2014 Merdeka.com

Merdeka.com - Kanker payudara merupakan salah satu masalah kesehatan yang dialami oleh banyak wanita. Salah satu cara deteksi awal penyakit ini adalah dengan meraba benjolan. Sayangnya, terdapat satu tipe penyakit kanker payudara yang tidak bisa dikenali dengan cara ini.

Dokter spesialis bedah onkologi di RSCM, Sonar Soni Panigoro mengatakan, kanker payudara tipe Human Epidermal Growth Factor Receptor 2 (HER2) tak bisa dideteksi hanya melalui pemeriksaan patologi termasuk perabaan benjolan.

"Penentuan tipe kanker setelah pemeriksaan patologi untuk mengetahui kanker atau tidak. Untuk sampai ke tipe HER2 harus dilanjutkan pemeriksaan imunohistokimia untuk menentukan tipe HER2 atau bukan. Hampir tidak mungkin (benjolannya HER2 atau bukan) diperiksa di rumah," kata dia dalam diskusi terbatas secara virtual beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Dengan kata lain, tidak ada cara mendeteksi kanker payudara tipe HER2 selain melalui pemeriksaan imunohistoskimia. Walau begitu, tak ada tanda khusus mengarah kecurigaan pada tipe kanker ini selain benjolan yang juga muncul pada tipe lainnya.

Baca Selanjutnya: Pengobatan HER2...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kanker
  4. Kanker Payudara
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini