Ketahui Hal yang Penting Dilakukan oleh Orangtua Usai Anak Menjalani Sunat

Rabu, 3 Juli 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketahui Hal yang Penting Dilakukan oleh Orangtua Usai Anak Menjalani Sunat Sunat Massal di Pondok Pesantren Darusshofa. ©2016 merdeka.com/yan muhardiansyah

Merdeka.com - Usai anak melakukan khitan, penting bagi orangtua dan anak untuk mengetahui bagaimana agar anak terhindar dari masalah kesehatan lain. Salah satu hal yang harus diperhatikan adalah mengenai penggunaan celana.

"Pasien disarankan untuk menggunakan celana dalam yang lebih longgar atau celana dalam sunat," kata Yessi Eldiyani, dokter spesialis bedah anak Rumah Sakit Pondok Indah.

Orang Indonesia sendiri biasanya akan mengenakan sarung yang longgar setelah sunat, untuk menutupi kemaluannya.

Selain soal celana, yang harus diperhatikan adalah kebersihan. Yessi mengatakan, jika baru saja buang air kecil, jangan lupa membersihkan sisa kencing dengan tisu atau kasa pada tiga hari pertama seusai sunat.

"Selanjutnya, diharapkan pada seminggu awal sirkumsisi, sebaiknya mengurangi aktivitas naik sepeda, naik motor, atau menunggang kuda untuk mengurangi gesekan antara luka sirkumsisi dengan sadel," tambahnya.

Yessi juga mengatakan umumnya, reaksi jangka pendek seperti rasa ngilu pada kepala penis tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

"Hal tersebut wajar dan terjadi karena kepala penis menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan atau kontak dengan celana dalam. Ini biasanya akan pulih dalam dua sampai empat minggu," terangnya.

Beberapa pendarahan juga mungkin terjadi usai anak mengalami sunat. Namun ketika pendarahan tidak wajar dan jumlah banyak, maka penting untuk diwaspadai dan membawa anak kembali ke dokter.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini