Ketahui hal ini sebelum lakukan pengangkatan payudara!

Rabu, 6 November 2013 12:13 Reporter : Kun Sila Ananda
Ketahui hal ini sebelum lakukan pengangkatan payudara! Ilustrasi pemeriksaan kanker payudara. ©2012 Merdeka.com

Merdeka.com - Setelah Angelina Jolie menggemparkan dunia dengan melakukan pengangkatan payudara atau mastektomi pada kedua payudaranya, para wanita mulai berpikir untuk melakukan hal yang sama demi melindungi diri mereka dari kanker payudara.

Mastektomi bisa dilakukan dalam dua keadaan. Pertama adalah ketika kanker payudara sudah sangat akut dan menyebar ke sebagian besar bagian payudara sehingga tak ada jalan lain selain melakukan pengangkatan payudara. Sementara yang kedua adalah pengangkatan payudara untuk pencegahan, atau disebut juga preventive mastectomy seperti yang dilakukan Angelina Jolie. Biasanya, jenis mastektomi yang kedua dilakukan oleh wanita yang sangat berisiko terkena kanker payudara dan berusaha mencegahnya.

Jika Anda termasuk wanita yang sangat berisiko terkena kanker payudara, sebenarnya sah-sah saja untuk melakukan mastektomi sebelum akhirnya Anda terkena kanker payudara. Meski begitu, ada hal-hal yang sebaiknya Anda ketahui sebelum Anda memutuskan untuk melakukan mastektomi, seperti dilansir oleh You Beauty, berikut ini.

1. Anda kemungkinan tak boleh lagi melakukan push up
Push up adalah salah satu bentuk olahraga yang bisa dilakukan oleh banyak orang. Namun jika Anda melakukan mastektomi, kemungkinan Anda tak bisa lagi melakukannya. Hal ini karena adanya perubahan fungsi dari otot dada setelah pengangkatan payudara.

Awalnya, otot dada memiliki fungsi untuk bergerak dan kekuatan. Namun setelah melakukan mastektomi, otot dada akan berubah fungsi menjadi pelindung, karena setelah dokter mengangkat jaringan payudara, mereka akan memindahkan otot tersebut untuk melindungi implan. Mereka akan menggunakan otot tersebut sebagai lapisan pelindung antara kulit payudara dan implan. Ini penting, karena implan tak bisa begitu saja diletakkan di bawah kulit. Hal ini bisa menyebabkan komplikasi dan infeksi.

2. Bagian payudara dan puting akan mati rasa
Hal yang satu ini sebenarnya tak aneh dan pastinya sudah bisa diperkirakan banyak orang. Banyak wanita yang tak masalah dengan hal ini, namun tak sedikit juga wanita yang khawatir ketika mereka tak bisa lagi merasakan sensasi pada payudara dan puting mereka. Meski begitu, tak menutup kemungkinan bahwa suatu saat sensasi itu akan kembali, meski hanya sedikit dan tak sama seperti dulu.

Hal lain yang perlu dipertimbangkan oleh wanita adalah bahwa operasi pengangkatan payudara bukanlah hal yang mudah dilakukan. Setidaknya operasi ini dilakukan sebanyak dua kali selama jangka watu satu tahun sebelum semuanya benar-benar selesai. Beberapa wanita juga mengalami efek negatif seperti rasa sakit pada bagian dada dan punggung ketika melakukannya.

Belum lagi perawatan yang harus dilakukan wanita setelah melakukan operasi payudara. Mereka harus memeriksakan implan atau bekas operasi mereka setelah beberapa bulan atau minggu.

Bukan berarti melakukan operasi pengangkatan payudara untuk pencegahan kanker tak boleh atau buruk dilakukan. Namun sebelum memutuskan untuk melakukannya, sebaiknya Anda mengetahui semua efek dan konsekuensinya. Setelah itu, keputusan tetap ada di tangan Anda. [kun]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini