Ketahui Dampak Mulai Lakukan Olahraga Beban Sejak Usia 40

Jumat, 19 Februari 2021 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketahui Dampak Mulai Lakukan Olahraga Beban Sejak Usia 40 Ilustrasi latihan angkat beban. ©shutterstock.com/Kzenon

Merdeka.com - Olahraga beban yang dilakukan pada usia tua bisa membari banyak sekali keuntungan pada seseorang. Hal ini tak hanya membuat penampilan seseorang tampak gagah namun juga bisa memperpanjang umur.

Pentingnya olahraga beban di umur yang tak lagi muda menjadi topik yang cukup sering dibahas Kepala Bagian Bedah dari Rumah Sakit Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, Dr Henry Suhendra SpOT.

Melalui Instagram Faith Orthopaedic Group, @faithorthopaedicgroup, pria yang memiliki pengalaman lebih dari 29 tahun sebagai ahli bedah ortopedi tidak pernah bosan mengingatkan siapa pun untuk memasukan latihan beban ke dalam aktivitas sehari-hari.

Memang melakukan olahraga apa pun, bahkan sekadar jalan kaki dan lari-lari kecil, jauh lebih baik daripada diam.

"Untuk kesehatan, tentu setiap pergerakan lebih baik daripada diam. Sedentary life itu tidak baik," kata Dr Henry beberapa waktu lalu.

"Karena secara umum kita bilang, daripada tidur lebih baik duduk, daripada duduk lebih baik berdiri, daripada berdiri lebih baik satu langkah, daripada satu langkah lebih baik banyak langkah. Jadi, aktivitas itu penting," Henry melanjutkan.

Secara garis besar olahraga terbagi dua, aerobik dan anaerobik. Henry, menjelaskan, aerobik, seperti jalan kaki dan lari-lari kecil, adalah kata lain dari kardio (latihan jantung).

Yang jika dilakukan sampai terengah-engah atau heart rate di kisaran 60 hingga 80, berguna untuk fat burning atau mengurangi lemak.

"Tapi mesti diingat bahwa olahraga itu ada dua, aerobik dan satu lagi adalah anaerobik. Nama lainnya latihan beban, weight training, weight lifting, strength training, resistance training, itu nama-nama persamaannya," katanya.

"Siapa yang perlu? Justru kita orang lanjut usia," Henry menekankan.

Baca Selanjutnya: Alasan Orang Tua Harus Latihan...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Fakta Kesehatan
  3. Kebugaran
  4. Bugar
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini