Ketahui Dampak Bahaya yang Mungkin Muncul Akibat Penggunaan Lipstik Kedaluwarsa

Selasa, 23 November 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ketahui Dampak Bahaya yang Mungkin Muncul Akibat Penggunaan Lipstik Kedaluwarsa Ilustrasi lipstik. ©shutterstock.com/Leonid and Anna Dedukh

Merdeka.com - Terdapat kosmetik yang kita gunakan sehari-hari dan sangat lekat dengan kehidupan kita. Salah satunya adalah penggunaan lipstik terutama bagi wanita.

Dalam penggunaan lipstik ini, terdapat sejumlah hal yang perlu untuk kita perhatikan dengan serius. Hal ini termasuk masa kedaluwarsa dari lipstik tersebut.

Sama seperti benda-benda lain, lipstik juga memiliki masa kedaluwarsa. Jika tanpa sengaja kamu menggunakan lipstik tersebut, meka terdapat sejumlah hal yang bisa mengancam kesehatanmu terutama pada bibir.

Kondisi kedaluwarsa pada lipstik ini sendiri merupakan hal yang sering terjadi. Pasalnya, wanita biasanya memiliki beberapa buah lipstik yang digunakan secara bergantian.

Hal ini bisa membuat lipstik terutama yang cukup jarang digunakan tanpa disadari menjadi kedaluwarsa. Normalnya, lipstik memiliki masa pakai antara 12 hingga 18 bulan.

Dilansir dari Times of India, pada lipstik yang kedaluwarsa, akan tampak sejumlah hal sebagai berikut:

- Tanggal kedaluwarsa yang telah terlewati

- Munculnya bau yang berbeda dan tak biasa

- Perhatikan kelembapan dari lipstik dan seberapa mudah lipstik tersebut dihapus dari bibir

Ketika tanpa sengaja menggunakan lipstik yang telah kedaluwarsa, sejumlah masalah kesehatan ini mungkin kamu alami.

2 dari 2 halaman

Dampak Menggunakan Lipstik Kedaluwarsa

1. Rasa Gatal di Sekitar Area Mulut

Lipstik yang sudah kedaluwarsa bisa menyimpan bakteri dan iritan yang menyebabkan rasa gatal di area mulut. Lipstik memiliki kandungan lanolin yang merupakan komposisi kompleks dan bisa secara mudah menyebabkan reaksi alergi seperti kekeringan, gatal, serta rasa sakit.

2. Gagal Ginjal, Anemia, dan Kerusakan Otak

Kandungan Lanonin yang ada pada lipstik kedaluwarsa memiliki daya serap yang kuat. Kandungan ini bisa menyerap debu, bakteri, virus, serta kandungan metal yang akhirnya diserap melalui bibir.

Pada saat kamu makan dan minum dengan lipstik kedaluwarsa bisa terjadi keracunan pada tubuhmu. Lebih lanjut, hal ini bisa menyebabkan gagal ginjal, anemia, kerusakan otak, serta neuropati otak.

3. Tumor Payudara

Kandungan pengawet dan senyawa berbahaya dalam lipstik merupakan karsinogen. Pada saat lipstik ini kedaluwarsa, kandungan ini semakin berbahaya dan bisa menjadi penyebab tumor payudara.

Sejumlah hal tersebut merupakan bahaya yang dapat muncul dari penggunaan lipstik kedaluwarsa. Dibanding dampak lain, adanya rasa gatal mungkin merupakan efek yang bisa langsung terasa seketika. [RWP]

Baca juga:
Mulut Kering saat Terbangun Malam Hari, Ini 6 Hal yang Bisa Jadi Penyebabnya
Walau Masih Masa Pandemi COVID-19, Penting untuk Tetap Periksa Kesehatan Gigi
Masalah Gigi Berlubang Ternyata Bisa Pengaruhi Penyakit Jantung
Kenali Penyebab Terjadinya Gigi Ngilu dan Ketahui Cara Mengatasinya

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini