Ketahui 3 efek buruk dari pemakaian pil KB

Kamis, 5 Maret 2015 17:34 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Ketahui 3 efek buruk dari pemakaian pil KB Ilustrasi pil KB. Shutterstock/Image Point Fr

Merdeka.com - Bagi mereka yang sudah menikah, tentu sangat pemilihan alat kontrasepsi sangat diperlukan. Di Indonesia selain KB spiral, pemakaian pil KB juga sangat familiar. Banyak wanita Indonesia yang memilih untuk memakai pil KB karena dianggap paling minim risiko kesehatan yang akan ditimbulkannya.

Namun benarkah demikian? Seperti dilansir dari healthmeup.com, ternyata pil KB juga memiliki efek buruk untuk kesehatan terutama jika dipakai dalam jangka panjang. Penggumpalan darah merupakan salah satu efek samping dari pemakaian pil KB terutama jika Anda seorang perokok atau memiliki tekanan darah tinggi.

Berikut adalah efek samping lainnya dari pemakaian pil KB.

  • Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penggunaan pil KB mampu meningkatkan risiko kanker payudara terutama di kalangan wanita berusia muda. Namun risiko ini akan menurun setelah seorang wanita menghentikan konsumsi pil KB.
  • Selain kanker payudara, penggunaan pil KB juga bisa meningkatkan risiko terkena kanker ovarium dan endometrium.
  • Penggunaan kontrasepsi oral dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker serviks meskipun peningkatan risiko ini sebenarnya terjadi pada wanita yang aktif melakukan hubungan seksual dan terinfeksi virus HPV.

Di balik efek buruk yang bisa ditimbulkan, pil KB juga bisa membantu Anda dalam mempertahankan kesuburan dengan mengurangi risiko gangguan rahim. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk berkonsultasi dengan ahli kesehatan sebelum menggunakannya dan disesuaikan pula dengan kondisi tubuh Anda. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini