Kenapa pantat sering terasa panas saat sedang buang air besar?

Selasa, 4 Oktober 2016 14:25 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Kenapa pantat sering terasa panas saat sedang buang air besar? Ilustrasi buang air. shutterstock

Merdeka.com - Problema buang air besar tak hanya berhenti di konstipasi, diare, atau tekstur kotoran saja. Sebab tak jarang kamu sering merasakan sensasi terbakar di pantat saat buang air besar. Awalnya, kamu menduga bahwa munculnya rasa panas ini akibat makanan pedas yang biasa kamu konsumsi. Well, hal ini memang benar. Namun selain faktor tersebut, berikut adalah beberapa hal yang membuat pantatmu terasa panas saat buang air besar.

  • Ketika kulit sensitif yang ada di wilayah anus terkena kotoran yang keras, kamu bisa mengalami sensasi seperti terbakar. Dalam beberapa kasus, pendarahan perut bisa terjadi.
  • Pada beberapa orang, infeksi herpes bisa membuat kulit anus 'retak' dan dapat menyebabkan rasa panas saat kamu ingin buang air besar.
  • Tingkat kebersihan yang buruk bercampur dengan infeksi karena sering menggaruk membuat pantat terasa panas saat buang air.
  • Ketika pembuluh darah dubur membengkak, wasir yang terjadi akan membuat pantat jadi panas.
  • Sembelit, gastroenteritis, dan sindrom radang usus bisa membuat pantat terasa panas.
  • Terakhir, sebuah kondisi penyakit yang disebut dengan proktalgia fugax bisa membuatmu nyeri dan pantat panas. Kamu bisa menerapkan es di area tersebut untuk membantu meredakan suhu yang panas.
[feb]
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini