Kenapa makanan enak sulit untuk ditolak?

Jumat, 18 Oktober 2013 14:33 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Kenapa makanan enak sulit untuk ditolak? Ilustrasi makan cokelat. ©Shutterstock/Bartosz Niedzwiecki

Merdeka.com - Sudah bukan rahasia lagi kenapa makanan enak sangat sulit untuk ditolak. Anda tidak peduli lagi dengan kalori yang ada di dalam makanan tersebut, zat aditif yang terkandung di dalamnya, atau pun lemak yang dapat menyebabkan kegemukan apabila Anda sedang ingin sekali mengonsumsi makanan enak favorit Anda.

Ternyata menurut sebuah penelitian yang dilansir dari huffingtonpost.com disebutkan bahwa zat tambahan seperti gula dan garam yang ada di dalam makanan tersebut akan membuat Anda merasa senang sesaat setelah Anda mengonsumsinya. Perasaan senang itulah yang kemudian membuat Anda susah untuk menolak makanan enak bahkan yang tidak sehat sekalipun.

Selain hal tersebut berikut adalah alasan kenapa makanan enak sangat sulit untuk ditolak.

Anda menyukai kue berkarbohidrat tinggi karena membuat Anda 'bahagia'

Sebuah studi yang dilakukan di tahun 2012 menyebutkan bahwa makanan yang mengandung karbohidrat, lemak, dan gula yang tinggi akan membuat Anda bahagia. Hal ini terjadi sebab makanan tersebut akan berperan dalam produksi dopamin di otak sehingga menyebabkan perasaan sedih dan stres hilang. Otak membutuhkan gula agar berfungsi dengan baik dan karbohidrat adalah sumber yang paling efisien untuk hal itu.

Anda menyukai permen karena warnanya yang menarik

Warna yang menarik yang ada di dalam permen, cokelat, dan makanan manis lainnya akan meningkatkan nafsu makan Anda begitu Anda melihatnya. Itulah sebab mengapa Anda sama sekali tidak bisa menolak permen selain karena rasanya yang manis.

Anda menyukai makanan kaleng karena mengandung gula berlebih

Sejauh ini sama sekali tidak ada makanan kaleng yang bebas dari zat aditif. Zat ini berguna untuk menguatkan rasa asli makanan sehingga membuat Anda 'kecanduan' untuk mengonsumsinya.

Anda menyukai kentang goreng karena rasanya yang gurih

Rasa gurih yang ada di dalam kentang goreng berasal dari tambahan garam dan lemak. Zat ini membangkitkan nafsu makan Anda begitu Anda mencium baunya dan akhirnya membuat Anda pun langsung melahapnya.

Kebanyakan makanan favorit Anda mengandung zat aditif yang memanipulasi otak Anda dan membuat perasaan Anda bahagia setelah Anda mengonsumsinya. Itulah sebabnya kenapa Anda sangat sulit untuk menolak makanan favorit Anda. [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kesehatan
  3. Pola Makan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini