Kenapa air kelapa dijadikan minuman penawar racun?

Senin, 9 November 2015 15:26 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Kenapa air kelapa dijadikan minuman penawar racun? Ilustrasi air kelapa. Shutterstock/apiguide

Merdeka.com - Keracunan menjadi gangguan kesehatan yang seringkali tak terduga datangnya. Dan ketika keracunan terjadi, saran apa yang paling banyak dianjurkan? Well, selain minum air putih, minum air kelapa menjadi saran yang selalu dilontarkan.

Lalu, apa yang membuat air kelapa dikatakan bisa menjadi penawar racun? Menurut penelitian yang dilakukan di Nigeria seperti dikutip dari jurnal Nutrifood Research Center menunjukkan bahwa air kelapa dapat meringankan gejala keracunan akibat kloramfenikol, zat antibiotik yang bisa menekan produksi sel darah merah dalam tubuh. Saat Anda keracunan, zat ini dengan mudah menyerang kesehatan tubuh Anda.

Selain itu masih dari penelitian ini, air kelapa mengandung mineral dan elektrolit yang memiliki sifat isotonis sehingga cocok untuk merehidrasi tubuh. Sebab seperti yang diketahui, keracunan biasanya membuat cairan tubuh Anda hilang dan Anda menderita dehidrasi. Tak hanya itu saja, air kelapa mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga tak heran kenapa air kelapa selalu dianjurkan untuk diminum bagi mereka yang sedang keracunan.

Air kelapa memang baik untuk tubuh dan saat ini termasuk menjadi salah satu minuman sehat yang sedang naik daun. Namun ingat, jika Anda ingin tubuh tetap sehat, konsumsilah air kelapa yang diambil langsung dari buah kelapa segar. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini