Kenali Sejumlah Faktor yang Bisa Memicu Meningkatnya Kolesterol dalam Darah

Selasa, 12 Januari 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kenali Sejumlah Faktor yang Bisa Memicu Meningkatnya Kolesterol dalam Darah Ilustrasi kolesterol. ©2015 Merdeka.com/shutterstock/Lukiyanova Natalia/frenta

Merdeka.com - Ketika berusia 40 hingga 50 tahun, pria dan wanita berisiko mengalami peningkatan kadar kolesterol dalam darah terutama lipoprotein densitas rendah (low-density lipoprotein/LDL) atau lemak jahat. Hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh perubahan fungsi dan metabolisme yang semakin menurun serta faktor genetika.

"Orang yang mempunyai riwayat keluarga hiperkolesterol, walaupun kurus tetap berisiko terjadinya hiperkolesterol," ujar Dietisien (Dietitian) Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, Jawa Barat, Yesi Herawati beberapa waktu lalu.

Yesi mengatakan bahwa selain faktor genetika, kolesterol tinggi juga bisa terjadi karena mengonsumsi makanan yang tinggi lemak jenuh dan lemak trans seperti gorengan, makanan bersantan, ayam dengan kulit, dan kuning telur.

Yesi, menambahkan, kurangnya berolahraga juga dapat meningkatkan kolesterol. Dengan berolahraga dapat membantu meningkatkan lemak baik atau lipoprotein densitas tinggi (HDL) dan membuat LDL menjadi kurang berbahaya dengan meningkatkan ukuran partikel yang membentuk LDL.

"Obesitas juga ikut andil dalam peningkatan kolesterol total. LDL dan trigliserida serta berperan dalam penurunan HDL. Asupan makan berlebih dan aktivitas fisik yang kurang semakin memperberat terjadinya obesitas," kata Yesi.

Baca Selanjutnya: Faktor Lain Penyebab Kolesterol...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini