Kenali Pengaruh Kemampuan Mengisap Bayi dengan Tumbuh Kembangya di Masa Depan

Selasa, 8 Juni 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kenali Pengaruh Kemampuan Mengisap Bayi dengan Tumbuh Kembangya di Masa Depan Ilustrasi menyusui. ©Shutterstock.com/SvetlanaFedoseyeva

Merdeka.com - Pada bayi yang masih kecil, asupan nutrisi ke tubuh bayi sangat dipengaruhi oleh kemampuannya mengisap. Pasalnya melalui kemampuan mengisap ini nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi masuk ke dalam tubuh melalui air susu ibu (ASI).

Dokter spesialis gigi anak konsultan sekaligus Ketua peneliti Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Padjadjaran (UNPAD), Eriska Riyanti mengungkapkan kemampuan mengisap pada seorang bayi sejak di dalam kandungan yang berlanjut saat dia lahir ternyata berpengaruh pada proses tumbuh kembang gigi serta rongga mulutnya di kemudian hari.

"Dalam proses di dalam kandungan, anak sebenarnya sudah mempunyai kegiatan mengisap jari. Pada saat dia lahir, akan belajar bagaimana cara mengisap (ASI) payudara ibu," ungkap dia beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Pada saat anak minum ASI atau belajar memasukkan puting ibu ke dalam rongga mulut, maka lidah akan mendorong puting ke bagian atas (rongga mulut), kemudian otot-otot di sekitar rongga mulut akan melakukan pengisapan dan terjadilah pergerakan secara ritmik sehingga menarik ASI dari puting. Setelah itu terjadi, pada kondisi bagian atas lidah yang kedap maka ASI akan keluar.

Pada tahap berikutnya, lidah akan mendorong ASI ke bagian belakang dan proses menelan terjadi. Secara ideal proses ini akan berlangsung terus menerus selama anak melakukan pengisapan ASI. Saat itulah, terjadi juga pengaktifan otot-otot daerah sekitar rongga mulut dengan baik.

Baca Selanjutnya: Tumbuh Kembang Dipengaruhi Kemampuan Mengisap...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini