Kenali Odontophobia, Ketakutan untuk Datang ke Dokter Gigi, Kamu Mengalaminya?

Senin, 23 Desember 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kenali Odontophobia, Ketakutan untuk Datang ke Dokter Gigi, Kamu Mengalaminya? dokter gigi. shutterstock

Merdeka.com - Bagi semua orang, disarankan untuk mengunjungi dokter gigi setidaknya enam bulan sekali. Namun tidak banyak yang mengikuti anjuran itu dengan berbagai alasan baik karena kesibukan atau juga karena ketakutan.

Terkait ketakutan untuk datang ke dokter gigi itu, ternyata banyak orang yang mengalaminya. Bahkan secara khusus sudah ada nama untuk menyebut kondisi takut yang muncul kepada seseorang terhadap dokter gigi ini yaitu odontophobia.

Keengganan ke dokter gigi ini bisa berdampak sangat buruk dan bahkan membuat masalah gigi semakin parah. Hal ini kemudian bisa berujung pada masalah yang lebih parah saat harus berobat ke dokter gigi.

Dilansir dari Medical Daily, kondisi takut untuk mendapat perawatan di dokter gigi dan menghindarinya ini sudah termasuk dalam masalah mental. Berdasar “Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders, Fourth Edition,” kondisi ini bisa dijelaskan sebagai odontophobia.

1 dari 2 halaman

Penyebab Munculnya Rasa Takut ke Dokter Gigi

Terdapat sejumlah penyebab yang membuat seseorang menjadi takut untuk berkunjung ke dokter gigi. Salah satu yang paling umum adalah pengalaman traumatis sebelumnya terutama pada saat anak-anak.

Ketakutan terhadap alat yang digunakan untuk merawat gigi juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini biasanya terjadi berupa ketakutan terhadap jarum suntik yang digunakan.

Walau begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa hal lain juga bisa menjadi alasan terkait masalah ini. Ketika kamu memiliki ketakutan terkait masalah ini, sebaiknya ketahui penyebab masalahmu tersebut.

2 dari 2 halaman

Cara Mengatasi Ketakutan ke Dokter Gigi

Cegah

Mengunjungi dokter gigi secara rutin bisa membuatmu menjadi terbiasa. Selain itu, hal ini juga bisa mencegah munculnya masalah gigi dan mulut yang sebelum menjadi lebih parah.

Kelola Kecemasan

Mengurangi dan mengelola rasa cemas di dalam diri bisa kamu lakukan untuk mengurangi ketakutan ini. Kamu bisa melakukan sejumlah teknik relaksasi atau juga menggunakan pengalih perhatian.

Sadari Bahwa ke Dokter Tidak Berarti Sakit

Tidak semua pengobatan yang dilakukan oleh dokter gigi menyebabkan rasa sakit. Selain itu, pada saat ini ketika melakukan perawatan yang borpotensi menyakitkan, dokter bakal menggunakan anestesi dulu sebelumnya.

Berbicara denga Dokter Gigi

Berbicara dengan santai dengan dokter gigi sebelumnya bisa membantu mengurangi ketakutanmu. Selain itu, kamu juga bisa menceritakan mengenai ketakutanmu tersebut agar dapat dibantu melaluinya. [RWP]

Baca juga:
Obesitas Bisa Jadi Penyebab Munculnya Penyakit pada Gusi
Menyikat Gigi Bisa Jadi Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Jantung
Kurang Zat Besi Bisa Timbulkan Tanda pada Mulut Seseorang

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini