Kenali Efek Jangka Pendek dan Panjang dari Konsumsi Makanan pada Anak

Jumat, 28 Mei 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kenali Efek Jangka Pendek dan Panjang dari Konsumsi Makanan pada Anak Ilustrasi anak makan sayuran. ©Shutterstock.com

Merdeka.com - Konsumsi makanan merupakan hal yang perlu diperhatikan dampaknya. Hal ini tidak terkecuali juga pada makanan yang diberikan ke anak. Makanan yang diberikan pada masa awal kehidupan anak memiliki efek baik jangka pendek maupun panjang.

Menurut dokter spesialis anak dari RSIA Limijati Bandung, Jawa Barat, Frecillia Regina pada jangka pendek makanan dapat memengaruhi perkembangan otak.

“Dampak makanan pada anak jangka pendeknya itu berpengaruh pada perkembangan otak, perkembangan otot tulang, dan metabolic programming,” ujar Frecillia dalam seminar daring di saluran YouTube Dr. Tan & Remanlay Institute.

Ia menambahkan, dampak pada metabolic programming seperti gangguan metabolisme acap kali dilupakan. Padahal, metabolic programming tersebut akan berdampak pada diabetes, obesitas, dan penyakit jantung di kemudian hari sebagai dampak jangka panjang.

Sementara itu, efek jangka panjang makanan terhadap perkembangan otak dapat berupa gangguan performa kognitif dan kurangnya kemampuan edukasi. Pada perkembangan otot tulang jangka panjang yang terpengaruh berkaitan dengan kapasitas kerja imun.

Baca Selanjutnya: Dampak Pemberian Susu Tinggi Kalori...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Nutrisi
  3. Kesehatan Anak
  4. Fakta Kesehatan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini