Kenali 6 jenis perut buncit kamu dan cara mengatasinya

Senin, 11 Januari 2016 09:39 Reporter : Siti Rutmawati
Kenali 6 jenis perut buncit kamu dan cara mengatasinya ilustrasi jenis perut buncit. ©www.high50.com

Merdeka.com - Tak dipungkiri, banyak sekali wanita yang mengeluh karena memiliki perut yang buncit. Tetapi, tahukah kamu bahwa tidak semua perut buncit itu sama? Karena disebabkan oleh hal yang berbeda, maka bentuk perut buncit yang dihasilkan juga berbeda. Dengan begitu, perut buncit ini juga tentunya membutuhkan penanganan yang berbeda pula.

Mungkin ini adalah salah satu alasan mengapa perut buncit kamu tak kunjung teratasi meskipun kamu telah melakukan diet dan juga olahraga.Nah, sekarang saatnya kamu harus mengenali jenis perut buncit kamu, mulai dari bentuk dan juga penyebabnya agar kamu bisa mengatasinya dengan cara yang tepat. Melansir dari dailymail.co.uk, berikut ini merupakan enam bentuk perut buncit, penyebab dan cara mengatasinya.

1 dari 6 halaman

Perut kembung

ilustrasi makan berlebih. www.curejoy.com

Bentuk: 

 /></strong></p>
<p style=ilustrasi jenis perut buncit ©www.dailymail.co.uk

Perut menonjol keluar dan seolah-olah menggelembung seperti balon.Jenis perut ini biasanya datar pada awalnya dan seiring waktu mulai membuncit secara perlahan, terutama setelah makan. 

Penyebab:

Penyebab utamanya adalah angin. Saat makanan dalam perjalanan untuk diolah ke dalam usus, bakteri yang memakannya akan membuat 6-9 liter gas sebagai produknya. Tetapi, jika bakteri dalam perut mengalami kesulitan untuk memakannya, maka dia justru akan memproduksi lebih banyak angin. Kondisi inilah yang mendorong perut kamu ke arah luar. Sembelit dan makan terlalu banyak dalam satu waktu juga akan membuat perut membuncit. Gas dan sembelit pada khususnya kan mendorong otot-otot dinding perut keluar. Kondisi ini biasanya diperoleh dari makan terlalu berlebihan, mengunyah permen karet dan minum melalui sedotan. 

Cara mengatasi:

Cobalah untuk mengurangi makanan yang memicu perut kembung. Makanan-makanan tersebut biasanya lebih sulit dicerna oleh tubuh. Pemanis buatan, gandum, bawang putih, bawang merah, buah plum, ceri, bit dan jamur adalah beberapa jenis makanan yang bisa membuat kembung. Diet bebas laktosa juga dapat membantu mengurangi perut kembung bagi orang yang tidak mampu mencerna susu atau produk susu dengan baik.

2 dari 6 halaman

Stress tummy

Ilustrasi stres. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/ollyy

Bentuk:

 /></strong></p>
<p style=ilustrasi jenis perut buncit ©dailymail.co.uk

Perut buncit yang satu ini bisanya mencuat ke depan tetapi bisanya memiliki tekstur yang lebih lembut dan kendor. Perut yang membuncit biasanya dimulai dari area bawah payudara dan membentuk gulungan lembut ke bawah. 

Penyebab:

Seperti namanya, penyebab utama jenis perut buncit ini adalah stres. Dalam situasi stres, hormon kortisol membantu gula masuk dengan mudah ke dalam aliran darah sehingga kamu memiliki kelebihan energi. Jika kamu tidak melakukan banyak aktivitas fisik, maka kelebihan energi tersebut akan disimpan sebagai lemak. Lemak tersebut akan disimpan pada bagian tubuh yang dekat dengan hati, sehingga mereka akan lebih cepat diubah menjadi energi dalam keadaan darurat. 

Cara mengatasi:

Karena penyebab utamanya adalah stres, maka mengurangi stres adalah cara yang paling tepat untuk mengatasinya. Kamu bisa mengurangi stres dengan teknik relaksasi seperti pernapasan atau meditasi,serta mendapatkan tidur yang cukup. Mengonsumsi makanan rendah karbohidrat seperti gandum, kacang-kacangan serta membiasakan makan secara perlahan akan membantu kamu mengatasi perut buncit ini.

3 dari 6 halaman

Pear tummy

Ilustrasi buah pir. ©Shutterstock/Africa Studio

Bentuk:

 /><br /></strong></p>
<center><em>ilustrasi jenis perut buncit ©dailymail.co.uk</em></center>
<p style=

Untuk jenis pear tummy,orang biasanya akan memiliki pinggang yang ramping dan membesar di bagian bawah pinggang hingga bagian pinggul. Bentuknya yang seperti ini mengesankannya membentuk buah pir sehingga disebut dengan pear tummy alias perut pir. 

Penyebab:

Alasan seorang wanita memiliki jenis perut ini adalah adanya dominasi estrogen yang dipengaruhi oleh faktor genetik. Selain itu ini juga bisa disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon seksual wanita. Jenis perut ini juga bisa disebabkan oleh endometriosis, di mana jaringan yang biasanya tumbuh di dalam rahim tumbuh keluar dan memompa lebih banyak, estrogen, dan fibroid. Wanita yang memiliki kelebihan estrogen biasanya didapat melalui makanan seperti daging, air yang mengandung bahan kimia dalam plastik atau dari pil kontrasepsi. 

Cara mengatasi:

Cobalah untuk menghindari makanan tinggi lemak jenuh, karena mereka mengandung estrogen yang cukup tinggi. Gantilah dengan menggunakan makanan kaya serat yang dicerna lebih lambat oleh usus seperti biji-bijian, dan sayuran berdaun hijau seperti bayam. Makanan-makanan tersebut akan membantu tubuh mengikat kelebihan estrogen dalam saluran pencernaan sekaligus membantu menghilangkannya dari tubuh.

4 dari 6 halaman

Mummy tummy

ilustrasi ibu hamil. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/K3S

Bentuk:

 /></strong></p>
<p style=ilustrasi jenis perut buncit ©dailymail.co.uk

Tiga bulan setelah kamu melahirkan, perut kamu akan mengalami perubahan yang drastis. Mungkin ini akan meninggalkan tonjolan yang tak sedap dipandang. 

Penyebab:

Selama kehamilan, otot-otot perut akan memungkinkan rahim kamu meluas. Setelah melahirkan, kedua sisi otot perut akan muli menyusut bersama-sama. Saat hal itu terjadi, akan ada sisa tonjolan pada perut yang tak sedap dipandang. Penyebab utamanya adalah karena dinding perut sangat lemah dan tak mampu lagi menahan organ dalam perut. Kondisi ini dikenal dengan istilah diastasis rekti .

Cara mengatasi:

Jika bagian perut yang melebar berjarak sekitar tiga jari di bawah dada, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan sit-up. Latihan dasar panggul juga akan memperkuat otot-otot dari dalam. Kamu juga bisa melakukan plank, dengan memposisikan tubuh telungkup dan menahan berat badan dengan menggunakan bagian lengan hingga siku dan ujung kaki. Posisikan tubuh dalam satu garis lurus. Pertahankan posisi ini dalam beberapa menit, serta mengambil napas dengan mantap sebelum melepaskan gerakannya.

5 dari 6 halaman

Tiroid tummy

Ilustrasi obesitas. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Byjeng

Bentuk:

 /></strong></p>
<p style=ilustrasi jenis perut buncit ©dailymail.co.uk

Tiroid tummy tak hanya menyebabkan perut kamu buncit, tetapi kamu bahkan akan menjadi semakin melebar di bagian tubuh yang lain. Bahkan seluruh tubuh kamu akan melebar termasuk pada bagian lengan dan kaki. 

Penyebab:

Tiroid adalah kelenjar yang berbentuk kupu-kupu yang terletak di leher dan membentuk hormon yang disebut dengan tiroksin. Hormon ini akan mengendalikan seberapa cepat tubuh akan memproses kalori makanan. Namun, 1:13 wanita memiliki kondisi yang disebut dengan hipotiroidisme yang berarti mereka kurang memproduksi hormon tiroksin. Meskipun belum dapat dijelaskan dengan pasti, hipotiroidisme biasanya disebabkan oleh penuaan dan kelenjar yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh sendiri. Hipotiroidisme menyebabkan tubuh tidak membakar semua kalori dan sisanya disimpan sebagai lemak. 

Cara mengatasinya:

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan melakukan diagnosis yang tepat. In i karena hipotiroidisme seringkali membingungkan dengan peningkatan berat badan yang umum terjadi pada pertengahan usia. Secara alami, kamu bisa mengatasinya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung yodium. Ini karena yodium membantu kerja tiroid. Makanan laut seperti kerang juga sangat disukai oleh tiroid kamu. Jika kamu senang mengonsumsi sayuran, pilihlah sayuran yang berwarna hijau gelap.

6 dari 6 halaman

Wine Tummy

Ilustrasi wine. Shutterstock/Jag_cz

Bentuk: 

 /></strong></p>
<p style=ilustrasi jenis perut buncit ©www.dailymail.co.uk

Wine tummy adalah jenis perut yang menonjol di bagian depan, sementara berat badan di bagian tubuh lain seperti badan, bagian bawah badan dan juga pinggul tidak menunjukkan perubahan yang berarti. 

Penyebab:

Penyebabnya utamanya adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat olahan, dan mengonsumsi alkohol berlebihan. Lemak yang kamu dapatkan dari kedua makanan tersebut akan berevolusi menjadi dua bentuk yaitu menjadi lemak subkutan (lemak yang berada di bawah lapisan kulit), atau menambah lemak omentum (jaringan lemak yang berada lebih dalam di balik dinding otot perut). Lemak ini akan membentang dari perut hingga panggul dan dapat meresap di antara organ-organ vital disekitarnya seperti usus dan hati. Hal inilah yang menyebabkan perut kamu menonjol ke depan. 

Cara mengatasi: 

Cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan mengendalikan jumlah kalori yang kamu dapatkan dari karbohidrat maupun alkohol. bagi kamu yang mengonsumsi alkohol, penting untuk mengetahui bahwa sekitar 250ml wine memiliki kalori sekitar 228 kalori. Selain itu alkohol juga merangsang nafsu makan sehingga tak heran jika kamu akan mengonsumsi makanan yang lebih banyak. [SRA]

Baca juga:
Ingin lunturkan lemak di pinggang? Trik mudah ini bisa bantu kamu
Gagal kurus, 5 diet ini justru bisa bahayakan nyawa
Ini dia 7 bumbu dapur yang bantu lunturkan lemak
Unik, makanan ringan simpan 5 manfaat sehat ini
Ingin lunturkan lemak di pinggang? Trik mudah ini bisa bantu kamu

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini