Kenali 5 Hal yang Menjadi Indikasi Kondisi Kesehatan Jiwa Seseorang

Senin, 11 Mei 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kenali 5 Hal yang Menjadi Indikasi Kondisi Kesehatan Jiwa Seseorang Ilustrasi depresi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/ollyy

Merdeka.com - Menjaga kesehatan jiwa merupakan sebuah hal yang penting dilakukan oleh seseorang dalam kondisi seperti sekarang. Dr.dr. Fidiansjah, Sp.KJ. MPH Direktur Pencegahan dan Pengendalian Masalah Kesehatan Jiwa dan Napza berbicara tentang lima standar kesehatan jiwa di tengah pandemi COVID-19.

Menurutnya, untuk mengetahui seseorang memiliki kesehatan jiwa yang baik, setidaknya ada lima indikasi. Lima indikasi ini sudah disetujui Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

“Yang pertama adalah sadar pada kemampuan diri sendiri, misal sebagai entertainer keahliannya menghibur, sebagai dokter keahliannya mengobati,” kata Fidi dalam siaran langsung Instagram @kemenkes_ri, beberapa waktu lalu.

Indikasi kedua adalah kemampuan mengelola stres. Menurutnya, seseorang yang mengalami stres menandakan bahwa orang tersebut normal.

Namun, yang membedakan dengan penyandang gangguan kejiwaan adalah sejauh mana orang tersebut dapat mengelola stres.

1 dari 1 halaman

Indikasi Lainnya

Indikasi ketiga yang menandakan bahwa seseorang memiliki jiwa yang sehat adalah kesadaran akan manfaat diri sendiri. Dalam hal ini, orang menyadari bahwa dirinya dapat bermanfaat bagi orang lain.

Keempat, komunikasi yang baik juga dapat menandakan bahwa seseorang memiliki kesehatan jiwa yang baik. Ditandai dengan tepatnya penggunaan kata-kata dan sinkronisasi antara jawaban dengan pertanyaan. Terakhir, orang dengan jiwa yang sehat dapat menempatkan diri dan berperilaku baik kepada semua orang.

Reporter: Ade Nasihudin Al Ansori
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Baca juga:
Bermasalah di Masa Kecil Lebih Rentan Buat Seseorang Alami Penyakit Kardiovaskular
Demi Kesehatan Jiwa, Disarankan untuk Rehat Sejenak dari Berita Terkait COVID-19
Konsumsi Daging Merah Bisa Berdampak Positif bagi Kesehatan Mental
Merasa Kesehatan Jiwa Terganggu Dampak Covid-19, Konsultasikan ke Sini
Selektif Informasi, Cara Ampuh Jaga Kesehatan di Masa Pandemi Covid-19
Cara Jitu Jaga Kesehatan Jiwa, Kurangi Asupan Informasi Seputar Covid-19

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini