Kenali 2 Indikator ketika Bayi Memperoleh Cukup Asupan ASI

Jumat, 7 Mei 2021 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kenali 2 Indikator ketika Bayi Memperoleh Cukup Asupan ASI ilustrasi ibu menyusui. ©www.pregnancyandbaby.com

Merdeka.com - Seorang bayi masih belum memiliki kemampuan komunikasi berupa mengungkapkan keinginannya. Hal ini membuat seorang ibu kadang sedikit kesulitan untuk mengetahui pikiran buah hatinya.

Karena seorang bayi masih belum dapat berbicara, maka seorang bu sebaiknya dapat memahami kecukupan asupan ASI bayinya melalui indikator-indikator alami seperti diungkapkan dr. Wiyarni Pambudi, Sp.A IBCLC.

Pertama, indikator air seni bayi. Air seni bayi yang mendapat cukup asupan ASI akan terlihat jernih. Indikator kejernihan air seni ini, hanya dapat digunakan untuk mengukur kecukupan ASI pada bayi baru lahir.

“Yang pertama kita bisa lihat apakah bayi buang air kecilnya jernih? Buang air kecil pada bayi itu kalau masih baru lahir dia tidak sama dengan bayi yang sudah berumur diatas seminggu,” ujar Wiyarni beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Berbeda dengan bayi berusia diatas satu minggu, indikator kecukupan asupan ASI-nya dilihat dari berapa kali bayi buang air kecil. Bayi yang sudah berusia lebih dari satu minggu akan buang air kecil sebanyak enam kali bila mendapat asupan ASI cukup.

“Jadi kalau bayi diatas seminggu, dia 6 kali sehari pipis. Kalau bayi masih baru lahir, di minggu pertama, hari pertama dia pipis sekali, hari kedua 2 kali, hari ketiga 3 kali, hari keempat 4 kali, hari kelima 5 kali, hari keenam dan seterusnya dia 6 kali pipis,” ungkap Wiyarni.

Baca Selanjutnya: Berat Badan Bayi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini