Keluar darah saat kencing? Ini penyebabnya!

Senin, 16 Maret 2015 16:44 Reporter : Destriyana
Keluar darah saat kencing? Ini penyebabnya! Ilustrasi tes urine. ©2015 Merdeka.com/shutterstock

Merdeka.com - Melihat bercak darah dalam air kencing Anda? Siapa pun pasti akan langsung merasa cemas setelah melihatnya. Apalagi jika itu tidak disertai rasa sakit. Ada banyak penyebab yang bisa membuat Anda mengalami kejadian tersebut. Berikut adalah beberapa penjelasan tentang kenapa ada darah di air seni Anda, seperti dilansir Mayo Clinic.

1 dari 7 halaman

Infeksi Saluran Kemih

kemih rev1Ilustrasi kencing. © Thevarsity.ca

Infeksi Saluran Kemih terjadi ketika bakteri masuk ke dalam tubuh melalui uretra dan mulai berkembang biak di dalam kandung kemih. Gejalanya bisa berupa dorongan untuk kencing terus-menerus, dan muncul rasa sakit dan terbakar setelah kencing. 

Dalam beberapa kasus, penderita ISK juga mencium bau cukup kuat dari urine mereka. Sebagian juga mengeluarkan sedikit darah saat kencing. 

2 dari 7 halaman

Infeksi ginjal

rev1Ilustrasi pria kencing. ©2012 Merdeka.com

Infeksi ginjal terjadi ketika bakteri masuk ke ginjal melalui aliran darah atau naik dari ureter ke ginjal. Tanda dan gejalanya hampir mirip dengan infeksi kandung kemih, meskipun infeksi ginjal lebih mungkin menyebabkan demam dan nyeri panggul. Infeksi ini juga kerap disertai dengan keluarnya darah saat kencing.

3 dari 7 halaman

Batu ginjal

rev1Ilustrasi batu ginjal. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Smit

Mineral dalam urine terkadang mengendap dan membentuk kristal pada dinding ginjal atau kandung kemih. Seiring dengan berjalannya waktu, kristal itu bisa mengecil dan mengeras. 

Batu-batu itu bisa menciptakan rasa yang sangat menyakitkan saat kencing. Itu juga bisa menyebabkan perdarahan yang terlihat saat Anda kencing.

4 dari 7 halaman

Pembesaran prostat

rev1Ilustrasi kanker prostat. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/RAGMA IMAGES

Kelenjar prostat terletak tepat di bawah kandung kemih dan mengelilingi bagian atas dari uretra. Kelenjar itu mulai tumbuh ketika usia pria bertambah. Ketika kelenjar itu membesar, itu akan menghalangi aliran urine. 

Gejala dari kondisi ini adalah kesulitan untuk buang air kecil atau keinginan berkemih yang tidak bisa ditahan. Kondisi ini bisa membuat seorang pria mengeluarkan darah saat kencing. 

5 dari 7 halaman

Penyakit ginjal

rev1Ilustrasi ginjal. ©eheandme.com

Perdarahan kemih merupakan gejala umum dari peradangan sistem penyaringan ginjal. Kondisi itu disebut glomerulonefritis. 

Kondisi ini bisa dipicu oleh infeksi virus atau radang, penyakit pembuluh darah (vaskulitis), dan masalah kekebalan lainnya, yang mempengaruhi kapiler kecil di ginjal yang bertugas menyaring darah. 

6 dari 7 halaman

Konsumsi obat tertentu

tertentu rev1Ilustrasi pil. Shutterstock/Syda Productions

Obat anti-kanker cyclophosphamide dan penisilin dapat menyebabkan perdarahan kemih. Darah kemih juga kadang-kadang terjadi ketika Anda mengonsumsi antikoagulan, seperti aspirin dan heparin.

7 dari 7 halaman

Olahraga yang terlalu berat

terlalu berat rev1Ilustrasi Olahraga. ©2014 Merdeka.com

Meskipun jarang terjadi, olahraga yang terlalu berat dapat membuat seseorang mengeluarkan darah saat kencing. Kondisi itu bisa berhubungan dengan trauma pada kandung kemih, dehidrasi atau kerusakan sel darah merah karena latihan aerobik yang terlalu berat. 

Masalah ini paling sering terjadi pada pelari, walau pun hampir semua atlet dapat mengalaminya dan sering terlihat saat mereka melakukan latihan yang intens.

Inilah tujuh penyebab kenapa Anda keluar darah saat kencing. Jika Anda merasa cemas dengan kondisi Anda, segera lakukan pemeriksaan medis di klinik terdekat.  [des]

Baca juga:
Tekanan darah, yang normal juga harus waspada!
Parasetamol, obat yang bikin sakit?
Kekuatan super tokek ini bikin ilmuwan kagum sekaligus penasaran
Mengapa nyamuk suka terbang di sekitar kepala manusia?
Indonesia jadi contoh program transfer teknologi Asean

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini