Kelelahan yang Dialami oleh Ibu Hamil Bisa Picu Persalinan Lebih Cepat

Kamis, 4 Juli 2019 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kelelahan yang Dialami oleh Ibu Hamil Bisa Picu Persalinan Lebih Cepat Ilustrasi Hamil. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Ketika tengah hamil, banyak wanita yang masih harus bekerja walau kandungan sudah membesar. Hal ini terutama ketika terjadi kelelahan dikhawatirkan bisa membuat persalinan lebih cepat.

Dr. Ardiansjah Dara, dokter spesialis kebidanan dan kandungan, mengatakan bahwa kelelahan dapat memicu kontraksi lebih cepat sehingga bayi bisa saja lahir prematur.

Selain kelelahan, nyeri dan stres dapat menjadi faktor lain terjadinya kontraksi lebih cepat. Terutama nyeri, dengan merasa nyeri seperti jatuh menjadi kasus paling sering dialami oleh ibu hamil.

"Nyeri juga dapat memicu kontraksi, misalnya ketika sedang naik bus dan kaki terinjak, ibu yang kaget dan merasa nyeri dapat memicu kontraksi", kata Ardiansjah dalam seminar kehamilan dan pengasuhan anak.

Ardiansjah juga menekankan bahwa orang hamil itu bukan orang sakit hanya aktivitasnya yang terbatas. Ibu boleh bekerja, berhubungan suami-istri, olahraga, naik pesawat, hanya terbatas.

Stres juga disebut bisa jadi salah satu hal yang memicu kontraksi lebih cepat. Namun hal ini hanya dapat terjadi ketika stres ini berbentuk luar biasa bahkan hingga depresi.

Reporter: Febrianingsih Alamako
Sumber: Liputan6.com [RWP]

Topik berita Terkait:
  1. Kehamilan
  2. Kesehatan
  3. Ibu Melahirkan
Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini