Kecanduan seks sebenarnya tidak pernah ada?

Minggu, 21 Juli 2013 02:33 Reporter : Rizqi Adnamazida
Kecanduan seks sebenarnya tidak pernah ada? Ilustrasi seks. ©Shutterstock/andrea michele piacquadio

Merdeka.com - Banyak selebriti ternama seperti Russel Brand, Kanye West, dan Tiger Woods yang mengklaim bahwa mereka menderita kecanduan seks dan menjadikan alasan itu sebagai alasan kenapa berselingkuh. Namun menurut sebuah penelitian terbaru, kecanduan seks itu sebenarnya tidak pernah ada.

Sebanyak 50 orang yang didiagnosis kecanduan seks tepatnya dilibatkan dalam penelitian ini. Mereka diminta melihat gambar seksual yang memunculkan perasaan tertentu - mirip seperti tes pada para pecandu obat-obatan terlarang yang digunakan untuk mengetahui respon otak terhadap gambar.

Jika pecandu obat-obatan mengalami perubahan instan dalam otak setiap kali melihat gambar obat yang membuatnya ketagihan, hal serupa tidak terjadi pada para pecandu seks.

Peneliti pun menyatakan kalau kecanduan seks hanya disebabkan oleh gairah seksual yang tinggi, bukan karena ada yang 'tidak beres' dalam otak mereka.

"Hiperseksual tidak membuat otak memberi respon yang berbeda. Mereka semua hanya memiliki libido tinggi, kecanduan seks itu tidak ada," papar Nicole Prause, penulis peneliti dari University of California di Los Angeles, seperti yang dikutip olehDaily Mail.

Sementara itu, penelitian tahun lalu justru berkebalikan dengan riset ini. Menurut para ahli dari UCLA, kecanduan seks benar-benar nyata dan butuh penanganan khusus untuk menyelamatkan penderitanya.

Hasil penelitian kemudian dilaporkan dalam Socioaffective Neuroscience and Psychology.

Baca juga:
6 Hal yang diharapkan pria saat malam pertama
5 Alasan yang dikatakan pria agar tak pakai kondom
4 Tips agar lebih percaya diri di atas ranjang
6 Hal yang diabaikan pria saat bercinta
5 Alasan harus rajin bercinta [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Kecanduan Seks
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini