Kebiasaan Mencuci Tangan Bisa Hindarkan Munculnya Kanker Serviks

Minggu, 17 Februari 2019 09:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kebiasaan Mencuci Tangan Bisa Hindarkan Munculnya Kanker Serviks Ilustrasi cuci tangan. ©Shutterstock/Subbotina Anna

Merdeka.com - Kebiasaan mencuci tangan secara rutin ternyata dapat mengenyahkan berbagai macam penyakit bahkan mencegah timbulnya kanker. Salah satu masalah yang dapat timbul ketika enggan mencuci tangan adalah kanker serviks.

"Penyebaran kanker serviks itu dari pengaruh seksual dan non seksual. Kalau non seksual itu bisa diakibatkan tangan atau WC yang kotor misalnya," kata Spesialis Obstetri dan Ginekologi, Andrijono di Penang Bistro.

Walaupun penularan non seksual hanya berdampak 10 sampai 20 persen, tapi hal itu bisa berdampak besar karena virus penyebab kanker serviks (HPV atau human papilloma virus) sangat sulit dibunuh.

Bahkan dengan mensterilkan barang menggunakan alkohol kurang mempan.

"Mensterilkan barang dengan alkohol, virus HPV nggak akan mati. Dia cuma nggak akan berkembang saja dan nantinya akan hidup lagi. Virus HPV sangat persisten dan kuat sekali. Sering cuci tangan saja," ujarnya.

Parahnya lagi, kanker serviks tidak dapat dikontrol dengan gaya hidup sehat. " Gaya hidup tidak berpengaruh karena kankernya disebabkan oleh virus yang menyebar," kata Andrijono.

Yang bisa dilakukan adalah melakukan screening, vaksin, pap smear dan HPV test.

"Pencegahan pertamanya adalah vaksin HPV terlebih dulu. Vaksinnya nonviral jadi nggak ada efek sampingnya. Pencegahan sekunder dengan pap smear dan HPV test. Lalu kalau sudah terkena virusnya, dijaga agar kondisinya tidak lebih parah," pungkasnya.

Reporter: Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini