Kandungan yang Terdapat di Dalam Kunyit Miliki Khasiat untuk Obati Radang Sendi

Senin, 24 Juni 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Kandungan yang Terdapat di Dalam Kunyit Miliki Khasiat untuk Obati Radang Sendi Ilustrasi kunyit. Shutterstock/MSPhotographic

Merdeka.com - Kunyit merupakan salah satu bumbu masak yang cukup sering digunakan masyarakat di Indonesia. Siapa sangka bahwa ternyata tumbuhan ini bermanfaat untuk mengurangi rheumatoid arthritis atau radang sendi.

Radang sendiri sendiri merupakan kondisi otoimun yang umum dijumpai pada orang tua. Masalah kesehatan ini termasuk peradangan, munculnya rasa kaku, serta nyeri sendi.

Dilansir dari Medical Daily, berdasar sebuah penelitian, diketahui bahwa manfaat luar biasa kunyit ini didapat dari kandungan kurkumin yang ada di dalamnya. Tanaman ini diketahui memiliki kandungan anti peradangan di dalamnya.

Kunyit sendiri diketahui kaya dengan kandungan kurkumin yang memiliki efek antioksidan, menurunkan gula darah, anti peradangan, dan memiliki kandungan antikanker. Karena radang sendiri merupakan penyakit otoimun yang menyerang saraf sendi yang sehat, seseorang menderita radang yang menyebabkan cedera pada sendi dan tulang.

Pada penelitian tersebut, peneliti mengukur efektivitas kunyit dan ekstrak kurkumin pada pasien radang sendi. Mereka yang mengonsumsi sekitar 1.000 miligram kurkumin setiap hari selama 8 hingga 12 minggu, mengalami penurunan rasa sakit dan peradangan yang merupakan gejala penyakit ini.

Penelitian menemukan bahwa ekstrak kurkumin cukup efektif dalam mengobati gejala ini dengan bantuan obat anti peradangan seperti ibuprofen dan diclofenac. Walau begitu masih dibutuhkan penelitian lanjutan untuk membuktikan hal ini.

Penelitian lain juga dilakukan terdapat mencit yang mengalami radang sendi. Terbukti bahwa komponen yang dikandung ini memiliki kandungan untuk menurunkan peradangan dan kemerahan yang terjadi.

Walau demikian, peneliti menyarankan pasien radang sendi untuk mengonsumsi kunyit ketika mereka sedang menjalani terapi. Mengingat bahan ini banyak digunakan pada berbagai makanan di Indonesia, hal ini tidaklah sulit. [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini