Kandungan nutrisi di balik buah labu

Sabtu, 12 Januari 2013 19:21 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi labu. ©Shutterstock/margouillat photo

Merdeka.com - Labu merupakan salah satu jenis buah yang mengenyangkan. Sebab di dalamnya mengandung banyak serat yang menyehatkan tubuh. Selain itu, ada banyak kandungan nutrisi lain di balik buah labu yang perlu Anda ketahui seperti yang dilansir dari Indiatimes berikut ini.

Serat
Seperti yang sudah disebutkan labu memang kaya akan serat. Secangkir labu yang direbus setidaknya mengandung 3 gram serat atau 11 persen saran harian asupan serat. Selain buahnya, biji labu juga mengandung serat yang cukup banyak. Anda bisa menikmatinya dengan cara merebus, memanggang, atau mengukusnya.

Vitamin A, K, dan C
Vitamin A adalah nutrisi penting yang berperan menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin A juga berfungsi membantu pertumbuhan tulang, menjaga sistem imun, serta sistem reproduksi. Vitamin lain dalam buah labu adalah K dan C. Jika vitamin K berkhasiat melindungi hati, maka vitamin C memiliki peran dalam pembentukan dan perbaikan jaringan yang rusak.

Zat besi, kalium, dan magnesium
Satu porsi kecil labu mengandung sekitar 250 miligram kalium dan zat besi. Selain itu, tidak seperti sumber zat besi lain, labu bebas lemak dan pasti lebih menyehatkan. Kandungan nutrisi di balik labu yang terakhir adalah magnesium. Nutrisi tersebut dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Sebagai informasi tambahan, labu adalah buah yang tidak cepat busuk jika disimpan di tempat yang kering. Tetapi ketika sudah dibelah, sebaiknya Anda segera mengolah atau menyimpannya ke dalam lemari es. [riz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.