Jenis sakit kepala ini lebih menyakitkan daripada migrain

Kamis, 26 Februari 2015 09:19 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Jenis sakit kepala ini lebih menyakitkan daripada migrain Ilustrasi sakit kepala. Shutterstock/9nong

Merdeka.com - sakit kepala adalah penyakit yang terkadang disepelekan orang. Menurut beberapa penelitian, ada banyak jenis sakit di kepala mulai dari yang ringan dan dapat disembuhkan dengan obat umum sampai dengan yang harus diobati dengan terapi khusus.

Penyebab umum dari sakit kepala adalah kontraksi otot di bagian pundak, leher, rahang dan kulit kepala. Selain karena masalah fisik, sakit kepala juga terkadang muncul karena terhubung dengan mental juga emosi seseorang seperti stres, depresi dan gelisah.

Tidak hanya itu, menurut beberapa pakar, sakit kepala juga muncul ketika seseorang terlalu keras bekerja, kurang tidur, makan tidak teratur dan karena pengonsumsian minuman beralkohol atau obat-obatan.

Jenis-jenis makanan yang dapat memicu munculnya sakit kepala antara lain, keju, cokelat dan Monosodium glutamate (MSG). Sedangkan untuk minuman, orang yang gemar minum kopi maka akan mendapakan sakit kepala ketika dalam satu hari mereka tidak melakukan 'ritualnya' tersebut.

Sakit kepala yang disebabkan oleh kontraksi otot dan tekanan emosi biasanya dimulai dengan sakit pada kepala bagian belakang dan menyebar secara perlahan ke depan. Sakitnya akan terasa berputar dan terus menerus. Selain itu, seseorang yang mengalami sakit kepala jenis ini akan juga mendapatkan kekakuan pada pundak, leher dan rahang.

Selain sakit kepala karena kontraksi otot dan tekanan emosi atau yang biasa disebut tension headache, ada 3 jenis sakit kepala lainnya, yaitu:

Migrain
Migrain adalah salah satu jenis sakit kepala yang disebabkan oleh masalah pada saraf. Penderita migrain akan mengalami nyeri pada satu sisi kepalanya saja dan secara perlahan akan merambat ke seluruh kepala. Tidak hanya itu, penderitanya juga akan mengalami kesakitan ketika dia mencoba berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya.

Acute headache
Sakit kepala jenis ini sangat menyakitkan dan akan muncul beberapa kali dalam sehari kemudian menghilang dan kembali datang di waktu yang tidak disangka-sangka.

Sinus headache
Sinus headache adalah sakit di bagian depan khususnya pada wajah. Sakit kepala jenis ini disebabkan oleh peradangan di antara rongga hidung, ujung mata bagian dalam dan pipi bagian dalam. Sinus headache akan terasa sangat menyakitkan ketika penderitanya bangun di pagi hari.

Selain 4 jenis sakit kepala di atas, ada pula sakit pada kepala yang disebabkan oleh penyakit serius lain, seperti cerebral aneuysium, meningitis, tumor otak atau juga stroke. [feb]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini