Jenis minyak apa yang aman dan sehat untuk menggoreng?

Senin, 2 April 2018 07:07 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Jenis minyak apa yang aman dan sehat untuk menggoreng? Ilustrasi minyak goreng. Shutterstock/Aleksandrs Samuilovs

Merdeka.com - Sebagian besar orang Indonesia sangat suka makan gorengan. Entah itu tempe tahu goreng, bakwan goreng, pisang goreng, atau ayam goreng sebagai lauk.

Masalahnya memasak dengan cara menggoreng masuk ke dalam cara memasak yang tak baik untuk kesehatan. Sebab, minyak mengandung lemak jenuh yang jika dikonsumsi secara berlebih dalam bentuk gorengan bisa berujung pada meningkatnya kolesterol, tekanan darah tinggi, hingga kegemukan.

Lalu, bagaimanakah caranya agar tubuh tetap sehat meski kamu makan gorengan? Tentu saja kamu harus bijak dalam memilih minyak yang akan digunakan untuk menggoreng. Hindari menggunakan minyak dengan kandungan asam lemak jenuh dan pilihlah minyak sehat.

Menurut artikel lansiran dari Boldsky, kamu bisa menggunakan minyak kelapa untuk menggoreng.

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa kualitas minyak kelapa tidak akan memburuk, bahkan setelah digunakan untuk menggoreng makanan hingga di suhu 180 derajat celcius. Plus, minyak kelapa sebagian besar terbuat dari lemak sehat.

Masih dari artikel yang sama, kamu juga bisa menggunakan minyak zaitun atau minyak dari avokad untuk proses memasak agar kesehatan tubuh selalu terjaga.

Selamat mencoba! [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini