Jangan remehkan munculnya benjolan kecil di dekat mata!

Jumat, 9 September 2016 13:48 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Jangan remehkan munculnya benjolan kecil di dekat mata! Ilustrasi mata. © mentalfloss.com

Merdeka.com - Ketika sedang berkaca dan meneliti bagian mata, kamu tiba-tiba melihat munculnya benjolan berwarna kuning di mata. Karena benjolan tersebut tidak menimbulkan rasa sakit apapun, maka kamu pun tidak terlalu memperhatikannya.

Padahal tahukah kamu bahwa munculnya benjolan tersebut merupakan tanda bahwa kamu sedang berada pada ancaman tingginya tingkat kolesterol dalam tubuh?

Menurut penelitian yang dilansir dari dailymail.co.uk, benjolan kuning kecil ini dikenal sebagai xanthelasma. Xanthelasma sendiri muncul akibat adanya timbunan lemak yang disebabkan oleh tingginya tingkat kolesterol dalam darah yang kemudian 'dibuang' di jaringan bawah kulit. "Xanthelasma memang lembut dan tidak terasa menyakitkan. Namun benjolan ini adalah tanda awal dari munculnya kolesterol. Dan mereka yang berusia di antara 40-50 an harus mewaspadainya sebab xanthelasma muncul sering muncul di kelompok usia ini."

"Sebuah penelitian di Denmark sendiri menemukan bahwa hampir 13.000 orang yang memiliki xanthelasma, berakhir dengan terkena serangan jantung atau meninggal akibat penyakit lemak dalam darah 10 tahun kemudian."

Jadi, kamu menemukan benjolan xanthelasma di matamu? Hal ini berarti bahwa kamu harus mengobah pola hidupmu menjadi lebih sehat serta mengurangi konsumsi makanan yang berlemak. [feb]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini