KAPANLAGI NETWORK
MORE
  • FIND US ON

Jangan makan apapun ketika sangat kelaparan!

Selasa, 29 Mei 2012 22:31 Reporter : Rizqi Adnamazida
Ilustrasi kelaparan. merdeka.com/Shutterstock/Peter Bernik

Merdeka.com - Ketika merasa sangat lapar, sebaiknya Anda menahan diri untuk makan. Lho kenapa? Sebab membiarkan diri makan ketika sangat lapar akan membuat Anda lupa diri dan terus-menerus mengunyah makanan yang ada. Hasilnya, berat badan membengkak dan penyesalan hadir belakangan. Simak tips ketika Anda sangat kelaparan dan menahan untuk tidak makan selengkapnya seperti yang dilansir dari India Times (29/05) berikut ini.

Penyebab
Rasa lapar merupakan tanda lapar, namun lapar yang berlebihan biasanya disebabkan karena Anda terlalu keras bekerja dan melupakan jadwal makan.

Solusi
Pertama, sebaiknya Anda menyadari kebiasaan jadwal makan Anda setiap hari. Setelah itu, sebaiknya Anda mematuhi kebutuhan perut untuk mengisinya tepat waktu. Ingat, makan sedikit namun sering lebih baik daripada makan banyak meskipun jarang.

Lapar atau haus?
Jangan buru-buru makan ketika merasa sangat lapar, sebab siapa tahu sebenarnya tubuh hanya kekurangan cairan dan mengirim sinyal pada otak untuk meminta Anda mengisinya.

Jadwal makan
Lantas kapan waktu yang tepat untuk makan agar Anda tidak sering kelaparan? Tips terbaik adalah dengan cara membawa bekal bergizi yang bisa Anda nikmati sebelum Anda merasa lapar. Namun jangan sampai kekenyangan ketika mengonsumsi bekal yang Anda bawa, sebab merasa terlalu kelaparan maupun kekenyangan tidak baik bagi tubuh Anda.

Jenis makanan
Anda pun sebaiknya memperhatikan jenis makanan yang Anda konsumsi. Ganti menu harian Anda dengan makanan yang lebih bergizi dan bernutrisi tinggi untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan.

Tips lain
Jangan meninggalkan sarapan untuk menghindari rasa lapar yang berlebihan. Selain itu, Anda sebaiknya rajin mengonsumsi makanan rendah kalori namun tinggi protein dan serat. Tips terakhir adalah jauhi makanan yang mengandung gula yang bisa menghancurkan keseimbangan kadar gula dalam darah Anda.

Dengan menahan diri untuk tidak makan ketika merasa sangat kelaparan, Anda pun akan mampu menjaga berat badan ideal Anda. Semoga berhasil! [riz]

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.