Jangan lagi makan 3 kali sehari!

Minggu, 6 Oktober 2013 15:09 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Jangan lagi makan 3 kali sehari! Ilustrasi makan. ©2012 Shutterstock/wrangler

Merdeka.com - Sebenarnya berapa kali makan yang ideal dalam sehari? Sebagian besar dari kita termasuk Anda pasti menjawab bahwa makan 3 kali sehari adalah yang ideal.

Namun timesofindia.com melansir bahwa makan lebih dari 3 kali sehari malah lebih baik untuk kesehatan karena dapat meningkatkan metabolisme, mengontrol kadar gula darah, dan menstabilkan berat badan. Selain itu makan lebih dari 3 kali sehari akan membantu kita menekan jumlah porsi makan kita sehingga kita tidak lagi makan dengan porsi yang banyak.

Lebih lanjut dikatakan bahwa saat ini kebanyakan orang hanya mengikuti teknis makan yang ada. Mereka lebih memperhatikan jam makan. Padahal tubuh sebenarnya mempunyai ritme dan alarm alami yang akan memberitahu kita apakah sebenarnya tubuh kita lapar atau tidak. Ritme tubuh alami kita adalah:

  • Pukul 12.00 - 20.00 adalah periode pencernaan kita bekerja dengan maksimal sehingga sebagian besar nutrisi harus dikonsumsi saat ini.
  • Pukul 20.00 - 04.00 adalah ritme dimana tubuh mulai melambat. Konsumsilah sedikit makanan saat periode ini.
  • Pukul 04.00 - 12.00 adalah masa dimana tubuh mengalami detoksifikasi atas makanan yang telah dikonsumsi sebelumnya.

Tubuh mempunyai ritme dan jam alami tentang makanan sendiri. Oleh karena itu makan lebih dari tiga kali sehari tidak akan menyebabkan kegemukan seperti yang ditakutkan asal kita mengonsumsi porsi makanan dengan jumlah yang wajar. [feb]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Pola Makan
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini