Jangan keliru, 5 latihan ini tak bantu kamu jadi langsing

Kamis, 10 Maret 2016 10:03 Reporter : Siti Rutmawati
Jangan keliru, 5 latihan ini tak bantu kamu jadi langsing ilustrasi fitnes sit-up. ©30dayfitnesschallenges.com

Merdeka.com - Memang benar, olahraga memainkan peranan yang cukup penting dalam program penurunan berat badan. Hanya saja, tak semua jenis latihan berkontribusi dalam hal tersebut.

Terkadang, beberapa jenis latihan yang kamu anggap dapat menurunkan berat badan, tak memberikan efek yang kamu harapkan. Nah, agar kamu memahami kekeliruan tersebut, berikut ini merupakan lima jenis latihan yang tak berefek pada berat badanmu, seperti yang dilansir melalui thehealthsite.

1. Side bend

ilustrasi fitnes side bend ©www.bodybuilding.com

Side bend adalah jenis latihan yang tak mengarah pada pembakaran kalori, meskipun kamu melakukannya dengan menggunakan bobot yang berat. Selain itu, olahraga ini juga memberikan tekanan berlebihan pada punggung bawah.

2. Sit-up

ilustrasi fitnes sit-up ©30dayfitnesschallenges.com

Jika kamu berharap sit-up akan membantu kamu menurunkan berat badan, maka kamu harus bersiap-siap untuk kecewa. Pasalnya, sit-up tak membantu kamu membakar kalori. Selain itu, jika kamu tak melakukannya dengan benar, latihan ini akan memberikan tekanan pada pinggang dan bisa saja membuatnya terasa sakit.

3. Shoulder press

ilustrasi fitnes shoulder press ©MyTraining App via www.youtube.com

Kamu mungkin berpikir bahwa mengangkat beban di belakang leher dengan arah gerakan naik-turun akan membantu menurunkan berat badan. Sayangnya, latihan yang berfokus pada tekanan bahu ini tak membantu kamu membakar lemak apapun. Jika kamu melakukan latihan yang salah, dapat menyebabkan kerusakan pada otot, tendon dan ligamen.

4. Latihan perut

ilustrasi fitnes ab machine workouts ©www.livestrong.com

Latihan perut dengan menggunakan bantuan mesin (ab machine workouts) membantu kamu melenturkan bahu dan lengan. Jadi, kamu jangan berharap latihan ini akan membantu kamu kehilangan lemak di perut. Jika kamu ingin melunturkan lemak di perut, beralihlah pada sit-up dan stability ball.

5. Waist twists

ilustrasi fitnes waist twists ©www.womenshealthmag.com

Memutar pinggang berfungsi untuk meningkatkan fleksibilitas tubuhmu. Tetapi, latihan ini tak berbuat banyak untuk membuat pinggang kamu ramping. Jika kamu melakukannya terlalu sering atau dengan tiba-tiba ini bisa saja menyakiti area punggung bawah.

Nah, mulai sekarang kamu harus lebih teliti dalam memilih latihan yang tepat untuk menghancurkan lemak kamu, ya! [SRA]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini