Jangan Berlebihan Konsumsi Makanan Lebaran untuk Jaga Kesehatan Tubuh

Senin, 25 Mei 2020 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Jangan Berlebihan Konsumsi Makanan Lebaran untuk Jaga Kesehatan Tubuh Ilustrasi opor ayam. © Shutterstock

Merdeka.com - Terdapat sejumlah makanan yang pasti selalu ada pada menu lebaran di Indonesia. Pada berbagai makanan ini, terdapat sejumlah karakteristik yang dimiliki.

Ahli Gizi Tirta Prawita Sari menyebutkan beberapa karakteristik yang terkandung dalam menu lebaran. Menurutnya, karakteristik menu lebaran di setiap keluarga Indonesia memiliki kesamaan, misalnya hidangan ketupat yang disajikan dengan kuah opor atau rendang.

“Itu rata-rata menggunakan santan, kalau tidak kacang-kacangan atau bahan lain yang membuat masakan tinggi lemak jenuh dan lemak trans,” ujar Tirta beberapa waktu lalu.

Penggunaan daging menyumbang kandungan natrium atau sodium yang sangat tinggi. Bumbu-bumbu yang ditambahkan dan cara memasak yang cenderung lama akan menambah karakteristik tinggi garam pada masakan, tambahnya.

Karakteristik selanjutnya adalah rendah serat. Hal ini diakibatkan sayur yang dimasak dalam waktu lama dan berulang kali. Zat gizi mikro yang larut dalam air pun akan hilang.

“Yang paling menjadi sorotan dari segalanya adalah makanan dan minuman tinggi gula. Jadi, secara keseluruhan, karakteristik menu lebaran adalah tinggi energi atau kalori,” terang Tirta.

Baca Selanjutnya: Menyikapi Karakteristik Menu Lebaran...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini