Jangan anggap sepele penyakit darah rendah!

Senin, 24 Agustus 2015 18:09 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Jangan anggap sepele penyakit darah rendah! Ilustrasi tekanan darah. ©Shutterstock.com/Africa Studio

Merdeka.com - Penyakit tekanan darah yang selama ini sering dibicarakan adalah tekanan darah tinggi. Padahal selain hipertensi, ada pula penyakit tekanan darah rendah yang juga tidak boleh diremehkan. Penyakit yang dalam istilah medis dikenal dengan istilah hipotensi ini membuat penderitanya sering merasa pusing disertai dengan pandangan mata yang berkunang-kunang. Tak hanya itu saja, tekanan darah rendah yang parah juga dapat memblokir oksigen dan nutrisi penting ke otak.

Ada banyak yang hal yang menjadi penyebab dari penyakit darah rendah seperti di bawah ini.

Dehidrasi

Minum cukup air putih sangat penting untuk kesehatan tubuh Anda. Salah satunya adalah mencegah Anda dari dehidrasi. Dampak buruk dari dehidrasi ini adalah tekanan darah rendah.

Kehamilan

Jika Anda sedang hamil, penyakit hipotensi adalah hal yang bisa saja terjadi pada Anda. Oleh karena itu selalu jaga kesehatan tubuh Anda selama hamil agar penyakit-penyakit tersebut tidak berdatangan.

Masalah jantung

Beberapa masalah jantung bisa menyebabkan darah dalam tubuh Anda tidak mengalir dengan benar. Salah satunya adalah hipotensi.

Kekurangan nutrisi

Kurangnya beberapa vitamin penting seperti B12 dan zat besi dapat menyebabkan anemia yang pada gilirannya dapat mengakibatkan tekanan darah Anda.

Selain faktor penyebab di atas, penyakit darah rendah juga bisa terjadi jika ada masalah serius pada jantung, kelenjar endokrin, dan sistem neurologis Anda. Ada beberapa perawatan rumahan yang bisa Anda coba saat hipotensi menyerang seperti minum jus dari buah bit dua kali sehari, minum susu hangat, dan bahkan berolahraga secara rutin. Sebab olahraga akan membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda. [feb]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini