Jambu air, obat mujarab untuk diabetes dan diare

Rabu, 3 Juli 2013 12:31 Reporter : Destriyana
Jambu air, obat mujarab untuk diabetes dan diare Ilustrasi jambu air. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/nathapol HPS

Merdeka.com - Jambu air adalah jenis buah yang mudah ditemui di Indonesia. Selain mengandung banyak air, buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan bagi tubuh. Tak jarang, bagian lain dari buah jambu air digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan penyakit. Ingin tahu apa saja khasiatnya? Berikut adalah manfaat jambu air untuk kesehatan tubuh kita, seperti dilansir Boldsky.

Manfaat kesehatan dari jambu air

Jambu air dapat membantu mengobati diabetes, wasir, diare, kemandulan pada wanita, disentri dan masalah hati.

Diabetes

Kondisi ini mempengaruhi pankreas penderita diabetes dan memblok konversi pati menjadi gula. Biji jambu air memiliki glukosa di dalamnya yang disebut jamboline yang dapat dikeringkan dan ditumbuk jadi bubuk. Bubuk ini dapat ditambahkan dengan air dan diminum tiga sampai empat kali sehari untuk membantu mengurangi gula dalam urin.

Mengolah jambu air

Biji, daun dan kulit dari buah jambu air dapat dikeringkan dan diubah jadi bubuk. Bubuk ini dapat dicampur dengan air dan diminum secara rutin dua sampai tiga kali sehari untuk menghentikan diare.

Peringatan

Meskipun semua jenis dari buah jambu air bisa dimakan, termasuk bagian dari pohon itu sendiri, Anda tidak harus mengonsumsi makanan ini secara berlebihan. Sebab, makan jambu air secara berlebihan dapat menyebabkan batuk dan filum di paru-paru dan sakit pada tenggorokan dan dada.

Ingat, makanan sehat yang dikonsumsi secara berlebihan juga dapat berdampak buruk pada kesehatan. Jadi, makanlah makanan Anda dengan bijaksana dan jangan berlebihan. [des]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Makanan Sehat
  3. Top List
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini