Jalan kaki sejenak setelah makan, cara sederhana cegah diabetes

Kamis, 20 Oktober 2016 17:41 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Jalan kaki sejenak setelah makan, cara sederhana cegah diabetes ilustrasi jalan kaki. ©www.huffingtonpost.com

Merdeka.com - Penyakit diabetes terjadi ketika di dalam tubuh terjadi lonjakan gula darah yang signifikan akibat hormon insulin tidak bisa mencerna zat gula dengan baik. Karena diabetes sanggup menimbulkan komplikasi penyakit yang berbahaya seperti jantung, stroke, dan darah tinggi, maka mewaspadai penyakit ini sejak dini sangatlah diperlukan.

Dilansir dari boldsky.com, ada sebuah cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mencegah diabetes yaitu berjalan-jalan singkat setelah makan, terutama jika kamu mengonsumsi makanan yang tinggi akan karbohidrat.

"Penelitian menemukan bahwa berjalan kaki setelah makan akan membuat kadar gula darah turun sebanyak 12-22%. Didukung dengan kebiasaan yang menetap, maka aktivitas sederhana ini bermanfaat besar untuk mencegah serangan diabetes di tubuhmu," ungkap Andrew Reynolds, peneliti dari University of Otago di Selandia Baru.

"Kandungan glukosa yang ada di dalam makanan tinggi karbohidrat berperan besar menyumbang diabetes. Untuk menangkalnya, kamu butuh latihan kardio yang intens," jelasnya.

"Peningkatkan kadar gula dalam tubuh yang tinggi pada gilirannya berhubungan dengan kenaikan berat badan atau obesitas. Nah, sebelum menjadi penyakit yang begitu membahayakan, cobalah cara di atas." [feb]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini