Jalan kaki mampu selamatkan 37.000 nyawa per tahun

Selasa, 8 Oktober 2013 14:08 Reporter : Rizqi Adnamazida
Jalan kaki mampu selamatkan 37.000 nyawa per tahun Ilustrasi jalan kaki. ©Shutterstock/Blazej Lyjak

Merdeka.com - Jalan kaki selama 20 menit sehari ternyata mampu menyelamatkan 37.000 nyawa manusia per tahun karena penyakit jantung, kanker, dan stroke.

Hal tersebut tepatnya diungkap melalui data Walking Works dari inggris. Meski sebentar, sayangnya banyak orang yang semakin malas untuk jalan kaki untuk pergi ke luar rumah, seperti sekolah, berbelanja, atau bekerja.

Sebagaimana dilansir dari Daily Mail, malas berjalan atau bahkan bergerak memang bisa meningkatkan risiko serangan berbagai macam penyakit hingga 25-50 persen. Jika dibiarkan, kebiasaan tidak aktif juga memicu risiko mati muda.

Di Inggris sendiri, sebanyak 17 persen kematian diduga disebabkan oleh pola hidup tidak sehat alias malas beraktivitas. Padahal ahli kesehatan sudah sering mengingatkan tentang pentingnya berolahraga atau sekadar melakukan aktivitas fisik.

"Seseorang yang memiliki berat badan besar bisa sehat atau kurus tetapi justru tidak sehat. Hal itu semuanya dipengaruhi oleh aktivitas fisik yang dilakukan," papar Dr William Bird dari Walking for Health and Intelligent Health yang mempromosikan pentingnya olahraga setiap hari.

Dr Bird menambahkan, bukan cuma pola makan yang perlu diperhatikan. Tubuh juga harus tetap aktif untuk menghindari inflamasi yang menjadi penyebab utama dari penyakit kronis.

Baca juga:
5 Makanan enak yang dapat menurunkan berat badan
4 Aroma makanan yang bisa menurunkan berat badan
5 Alat paling tidak berguna untuk menurunkan berat badan
Restoran ini aman bagi pengikut diet rendah gluten
6 Hal tersembunyi yang merusak diet [riz]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tips Sehat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini