Jaga Kondisi Rambut saat Berolahraga, 3 Gaya Ini Bisa Kamu Terapkan

Selasa, 14 Juni 2022 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Jaga Kondisi Rambut saat Berolahraga, 3 Gaya Ini Bisa Kamu Terapkan Ilustrasi olahraga. parkview.com

Merdeka.com - Kondisi kesehatan rambut merupakan sebuah hal yang penting untuk kamu perhatikan. Hal ini termasuk pada saat kamu tengah melakukan olahraga.

Bagi wanita terutama yang memiliki rambut panjang, berolahraga biasanya bisa membuat rambut mereka menjadi lepek. Selain itu, penting juga untuk menjaganya tetap rapi agar tidak menghalangi pandangan saat kamu tengah berolahraga.

Salah satu gaya rambut yang biasanya digunakan wanita pada saat berolahraga adalah dengan mengikatnya dalam bentuk ponytail. Sayangnya model ponytail yang terlalu ketat bisa berujung terjadinya sakit kepala atau rambut rontok.

Tarikan rambut yang terlalu ketat bisa menyebabkan akar rambut menjadi tertarik. Seiring waktu, tarikan ini bisa berujung kehilangan rambut secara permanen yang bisa berujung kebotakan.

Hal lain yang juga mungkin muncul akibat berolahraga ini adalah gatal di kulit kepala dan rambut patah. Lamanya suatu gaya rambut digunakan serta gerakan-gerakan saat berolahraga menyebabkan munculnya tarikan pada rambut ini terutama ketika dikuncir.

Bertumpuknya keringat di rambut terutama pada saat digerai ketika berolahraga tentu merupakan hal yang tidak ideal. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah gaya rambut yang cocok diterapkan pada saat berolahraga.

"Rambutmu perlu tetap bisa bergerak di atas kulit kepala agar tidak tertarik keluar," terang pakar kesehatan kulit Karan Lal dilansir dari Livestrong.

Pakar restorasi rambut, Jigar Sitapara, MD menyatakan bahwa garam dari keringat bisa menyebabkan kondisi kering di kulit kepala dan menghilangkan kelembapannya. Hal ini dialami oleh semua jenis rambut pada saat berolahraga.

Sejumlah gaya rambut yang tepat penting untuk diterapkan pada saat kamu berolahraga agar dampak ini tidak terlalu parah terjadi. Dilansir dari Livestrong, berikut sejumlah gaya rambut yang bisa diterapkan pada saat berolahraga.

2 dari 4 halaman

1. Menggunakan Ikat Kepala

"Ikat kepala berbahan satin atau sutra cukup ideal untuk menyerap kelembapan," terang dr. Sitapara.

"Katun bisa membuat membuat ujung rambut dan kulit kepala jadi terlalu kering," sambungnya.

Dr. Lal menyarankan pasien menggunakan ikat kepala yang lembut dengan bahan bertekstur sebelum menutupinya menggunakan scarf sutra. Penggunaan ikat kepala pada saat berolahraga ini penting untuk menyerap keringat serta mengurangi rambut kering dan patah.

3 dari 4 halaman

2. Ponytail

jaga kondisi rambut saat berolahraga, 3 gaya ini bisa kamu terapkan

Model rambut ponytail bisa membuat rambut tetap tertata dan terhatan di belakang kepala. Model ini dijamin tidak membuatmu terganggu dengan rambut berantakan pada saat berolahraga.

Pastikan saja agar tidak mengikat rambut terlalu kencang.

"Tarik rambut ke atas atau belakang tanpa menariknya secara berlebihan," terang dr. Lal.

4 dari 4 halaman

3. Dikepang

Mengepang rambut atau menggunakan model cornrows bisa membantu agar rambut tidak tergerai dan menempel di leher. Hal ini tentu bisa sangat membantu dalam mencegah masalah rambut lebih jauh.

Hanya saja, jangan menggunakan model rambut ini untuk jangka waktu yang terlalu lama. Adanya gesekan akibat model rambut ini bisa menimbulkan luka permanen di kulit kepala yang sulit diobati.

dr. Lal menyarankan untuk menggunakan model kepang rambut yang sedikit longgar. Selain itu juga hindari untuk menggunakan gaya rambut ini dalam waktu terlalu lama. [RWP]

Baca juga:
Cara Mengatasi Uban di Usia Muda dengan Bahan Alami, Efektif dan Mudah Dilakukan
Tanda Tubuh Kekurangan Omega-3, Bisa Sebabkan Nyeri Sendi

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini