Intip 10 manfaat sehat dari daun zaitun

Minggu, 1 Februari 2015 07:11 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum
Intip 10 manfaat sehat dari daun zaitun Ilustrasi daun zaitun. ©Shutterstock.com/irina d'elena

Merdeka.com - Ada begitu banyak tanaman di sekitar Anda yang menyimpan manfaat sehat. Salah satunya adalah zaitun. Umumnya, Anda mengenal buah zaitun yang bisa digunakan sebagai makanan sehat. Namun sebuah penelitian yang dilansir dari boldsky.com menemukan daun zaitun yang ternyata menyimpan manfaat sehat.

Berikut adalah manfaat sehat dari daun zaitun yang wajib untuk Anda ketahui.

Mencegah kanker

Salah satu manfaat sehat dari daun zaitun adalah mampu mencegah kanker. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun zaitun memiliki sifat anti-kanker, mengurangi volume tumor, serta memberikan perlindungan terhadap kanker payudara.

Menguatkan tulang

Kandungan oleuropein di dalam daun zaitun mampu merangsang produksi sel pembentuk tulang atau osteoblas. Selain itu, daun zaitun juga mencegah osteoporosis.

Anti bakteri

Kandungan oleuropein selain bermanfaat untuk menguatkan tulang juga bermanfaat untuk memerangi mikroorganisme seperti bakteri dan virus penyebab penyakit.

Kaya akan zat antioksidan

Daun zaitun mengandung fenol, zat antioksidan yang mampu menetralisir radikal bebas. Radikal bebas merupakan zat aktif yang merusak sel sehat serta menyebabkan penuaan dini.

Anti inflamasi

Oleuropein yang mampu melawan bakteri ternyata juga bermanfaat sebagai zat anti inflamasi dalam tubuh. Hal ini berarti daun zaitun mampu melawan berbagai macam peradangan dan infeksi dalam tubuh. [feb] SELANJUTNYA

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini