Ini yang terjadi pada otak dan tubuhmu saat tidur usai minum alkohol

Kamis, 26 Mei 2016 00:24 Reporter : Yoga Tri Priyanto
Ini yang terjadi pada otak dan tubuhmu saat tidur usai minum alkohol Efek tidur saat mabuk. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Kita tahu bahwa alkohol tidak baik bagi kesehatan. Selain dapat merusak ginjal, alkohol memiliki efek buruk lainnya, seperti kulit keriput dan lain sebagainya. Semakin maraknya miras di kalangan masyarakat menunjukkan ketidakpedulian mereka akan kesehatan masing-masing.

Terutama bagi mereka yang tertidur usai mengonsumsi alkohol. Inilah saat di mana alkhol merusak tubuh dan juga otak. Nah, merdeka.com akan membahasnya di sini. Simak ulasannya!

Tak kalah menarik:

Ini sosok pemimpin baru Taliban, terpelajar dan terhormat

Senjata bikinan Pindad jadi buruan usai TNI juara umum di AASAM

Benarkah durasi seks dipengaruhi bentuk penis?

Ini cerita peserta kontingen menembak selama mengikuti event AASAM

Sensasi menegangkan selfie dalam Sky Box di ketinggian 300 meter

1 dari 8 halaman

Hancurnya kualitas tidur

Efek tidur saat mabuk. ©2016 Merdeka.com

Orang yang minum alkohol dan mabuk akan cenderung ingin tidur lebih cepat dari biasanya. Nah, ini merusak siklus tidur. Ini akan berakibat pada tubuh yang sulit beradaptasi dengan kondisi siang malam di kemudian hari.

Misalnya saja karena tidak pernah tidur siang, kemudian suatu hari tertidur siang akibat mabuk alkohol. Saat bangun pada malam hari, maka dia akan terkejut karena dianggapnya sudah pagi karena kebiasaan bangun pagi. Ini hanya contoh kecil saja.

2 dari 8 halaman

Sering galau

Ilustrasi pria galau. ©2013 Merdeka.com/Yoga Tri Priyanto

Percaya atau tidak, tidur setelah mabuk dapat meningkatkan kadar galau. Seseorang akan sering merasa sedih dan tertekan. Tak hanya itu, tingkat kecemasan juga bakal melonjak drastis. Itulah sebabnya pecandu alkohol sering tak karuan suasana hatinya. Baru akan terlihat saat dia mengoceh saat mabuk.

3 dari 8 halaman

Denyut nadi berantakan

Efek tidur saat mabuk. ©2016 Merdeka.com

Mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan denyut nadi. Terkadang juga turun hingga di bawah standar saat tidak sedang minum. Namun begitu minum dan tertidur, maka nadi akan berdenyut lebih cepat dari biasanya.

4 dari 8 halaman

Merusak jantung

Efek tidur saat mabuk. ©2016 Merdeka.com

Mungkin ini juga berhubungan dengan poin sebelumnya. Yang mana mabuk parah akan merusak jantung secara perlahan. Denyut jantung akan meningkat di atas normal. Ini sangat berbahaya, karena dalam kasus tertentu akan menyebabkan kematian.

Artinya ini adalah bom waktu yang akan meledak kapan saja. Selain itu juga dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi yang membahayakan nyawa.

5 dari 8 halaman

Otak kehilangan ingatan

Efek tidur saat mabuk. ©2016 Merdeka.com

Kebanyak peminum berat akan mengalami beberapa bentuk kehilangan ingatan ketika mereka bangun di keesokan harinya. Ini tentu bukan pertanda baik.

Ini adalah bentuk gejala awal amnesia atau hilang ingatan jika berlangsung terus-terusan. Menurut penelitian, remaja dan dewasa sangat rentan pada efek ini.

6 dari 8 halaman

Keringat berlebih dan sering kencing

Ilustrasi toilet. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Jaochainoi

Alkohol lebih dari diuretik dan langsung bertindak atas ginjal seseorang. Hal ini membuat orang yang mabuk lebih sering buang air kecil dari sebelumnya. Ini adalah pertanda yang kurang baik pada ginjal.

Konsumsi alkohol yang berlebihan juga dapat mengurangi produksi hormon vasopressin. Kekurangan hormon ini membuat seseorang gangguan buang air kecil.

7 dari 8 halaman

Menyebabkan dengkuran makin keras

Ilustrasi mendengkur. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Doreen Salcher

Ketika seseorang minum, alkohol melewati sistem pencernaa ke dalam darah dan kemudian mencapai otak, yang mana itu bertindak sebagai relaksan. Bahkan otot tenggorokan berjalan pada mode santai dan itulah alasan mengapa orang cenderung mendengkur saat tidur dalam keadaan mabuk. Jika orang tersebut sudah terbiasa mendengkur, maka dengkurannya akan makin keras.

8 dari 8 halaman

Tubuh jadi lunglai

Efek tidur saat mabuk. ©2016 Merdeka.com

Tubuh benar-benar membutuhkan waktu lama untuk memproses alkohol. Jika sesorang tidur dalam keadaan mabuk, maka saat terbangun nanti tubuh akan terasa lemas, capek, dan membuat semakin malas. Satu lagi, kepala akan terasa berat.

 

  [ega]

Baca juga:
Hati-hati, sering galau bikin wanita sulit punya anak
Meski terlihat kuno, jangan tinggalkan kebiasaan menjemur kasur
Yuk simak 7 hal yang tidak kamu tahu tentang alergi
Vitamin B12, vitamin ampuh untuk bunuh jerawat seketika

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini