Ini Waktu yang Tepat untuk Konsumsi Suplemen Vitamin saat Puasa Ramadan

Sabtu, 24 April 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Waktu yang Tepat untuk Konsumsi Suplemen Vitamin saat Puasa Ramadan Suplemen vitamin. © mentalfloss.com

Merdeka.com - Menjalankan puasa Ramadan bisa membuat tubuh cenderung kekurangan asupan nutrisi seimbang berupa vitamin, mineral, dan serat. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin, selain konsumsi buah dan sayur, diperlukan juga konsumsi suplemen vitamin.

"Tetap dianjurkan sumbernya adalah dari makanan yang kita konsumsi, makanya disarankan tetap mengonsumsi gizi seimbang, buah sayur yang cukup selama buka dan sahur. Tapi kalau susah bisa salah satunya dibantu suplemen. Jadi suplemen boleh-boleh saja tetapi tidak harus," ujar Certified Nutrition and Wellness Consultant dari Universitas Indonesia, Mochamad Aldis Ruslialdi beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Hal senada diungkapkan Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), dr. Inggrid Tania. Dia mengatakan, secara umum suplemen vitamin dan mineral selama Ramadan dan pandemi COVID-19 dibutuhkan untuk meningkatkan kebugaran dan imunitas.

Suplemen yang direkomendasikan antara lain vitamin B kompleks, vitamin C, vitamin D3, mineral Zinc dan herbal imunomodulator yang umumnya lebih minimal efek samping karena berasal dari bahan alami seperti ekstrak Echinacea pupurea, jamur Cordyceps Militaris dan zinc picolinate.

Baca Selanjutnya: Waktu yang Tepat untuk Konsumsi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini