Ini Waktu yang Paling Tepat untuk Mengukur Berat Badan

Senin, 10 Desember 2018 13:14 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Waktu yang Paling Tepat untuk Mengukur Berat Badan Ilustrasi menimbang berat badan. Shutterstock/Lisa S.

Merdeka.com - Menimbang badan merupakan salah satu kebiasaan yang dilakukan baik ketika sadar bobot naik atau turun maupun secara rutin. Namun tahukah kamu sesungguhnya terdapat waktu yang tepat untuk menimbang berat badan?

"Menimbang berat badan sebaiknya dilakukan seminggu sekali di pagi hari," ujar dokter Raissa Edwina, seorang spesialis Gizi.

Raissa menjelaskan waktu ideal menimbang berat badan adalah setelah bangun tidur dan buang air kecil. Kamu juga harus memastikan pakaian yang dipakai saat ini cukup ringan.

Jangan menimbang berat badan setelah minum air, apalagi di siang dan malam hari ketika perut sudah terisi.

"Harus buang air kecil dulu. Kandung kemih yang penuh bisa menambah berat badan sampai 1,5 kilogram. Dan harus di pagi hari karena berat badan lebih stabil," katanya.

Jenis timbangan yang digunakan juga berbeda tergantung dengan aktivitas yang baru dilakukan. Seseorang yang tengah intens berolahraga dengan orang lain yang tidak membutuhkan jenis timbangan yang berbeda.

Jika sedang melakukan program diet, penting mengetahui detail bobot tubuh. Mulai dari massa otot, lemak dan air. Bisa saja beratnya tetap sama setelah berolahraga akibat massa lemaknya berkurang dan massa ototnya meningkat.

"Ada timbangannya sendiri. Biasanya, ada di tempat gym. Tapi, kalau mau manual adalah mengukur lingkar pinggang. Maksimal pinggang perempuan 80 sentimeter, sedangkan laki-laki di atas 90 sentimeter," jelasnya.

Selain frekuensi pengukuran berat badan, berolahraga terlalu sering juga tidak baik bagi tubuh. Pilih jenis olahraga yang sesuai dengan kemampuan dan frekuensinya tidak berlebihan.

Reporter: Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id [RWP]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini