Ini Waktu Kapan Saja bagi Ibu Hamil untuk Melakukan USG

Senin, 8 Juni 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Waktu Kapan Saja bagi Ibu Hamil untuk Melakukan USG ilustrasi ibu hamil. ©www.msra.org.au

Merdeka.com - Salah satu pemeriksaaan yang umum dijalani ibu hamil adalah ultrasonography atau USG. Dokter spesialis kebidanan dan kandungan di RS Pondok Indah, Muhammad Fadli mengungkapkan bahwa hal ini tak hanya bisa dilakukan pada trimester ketiga saja namun di trimester pertama.

"USG dilakukan di trimester satu untuk menentukan lokasi kehamilan, berapa banyak kehamilan dan usia kehamilan. USG tidak hanya di trimester ketiga, untuk melihat wajah dan jenis kelamin janin," kata Fadli beberapa waktu lalu.

Pemeriksaan USG di awal trimester kehamilan juga bisa membantu mendeteksi masalah selama kehamilan termasuk nyeri atau keluhan yang tak normal seperti pendarahan tak wajar, pusing hebat, keram dan lainnya. Fadli mengatakan, sebenarnya keluhan para wanita hamil bisa berbeda-beda mulai dari pegal-pegal, nyeri di area vagina, sakit pinggang, ingin sering buang air kecil, sakit gigi dan masih banyak lainnya.

Hanya saja mereka perlu mana yang wajar dan tidak. Di sinilah pentingnya pemeriksaan USG, di samping konsultasi ke dokter.

Baca Selanjutnya: "Pendarahan kalau volume banyak (berlangsung)...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini