Ini tes yang dapat mendeteksi seluruh virus yang diidap seseorang

Kamis, 5 November 2015 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini tes yang dapat mendeteksi seluruh virus yang diidap seseorang Ilustrasi virus. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/dream designs

Merdeka.com - Demi dapat menangani pasien secara tepat, identifikasi terhadap penyakit yang diderita adalah hal yang paling utama. Kesalahan dalam identifikasi penyakit dapat berakibat pada penanganan yang tidak tepat. Penemuan terbaru ini dapat membantu untuk mendeteksi penyakit yang diderita seseorang secara tepat.

Dilansir dari Popular Science, sebuah penelitian dari Washington University si St. Louis berhasil menemukan sebuah tes diagnostik yang mampu mendeteksi bermacam virus yang menginfeksi baik manusia maupun hewan. Hasil penemuan ini telah dipublikasikan dalam jurnal Genome Research dan diberi nama ViroCap.

Demi mengembangkan tes ini, peneliti mengumpulkan berbagai macam pola unik DNA dan RNA dari setiap jenis virus yang menjangkit manusia dan hewan. Sejauh ini telah terdapat dua juta rangkaian unik yang berasal dari genetis. pola unik DNA dan RNA itu dicocokkan dengan den yang terdapat pada pasien yang menderita penyakit tertentu tersebut. Hasil dari hal ini dimanfaatkan untuk membuat diagnosis penyakit.

Peneliti berharap bahwa teknik terbaru ini dapat membantu untuk mendeteksi lebih cepat berbagai virus berbahaya seperti Ebola, Marburg, dan SARS. Berdasar hasil percobaan, teknologi terbaru ini dapat berhasil menemukan kandungan virus pada tubuh pasien 52 persen lebih banyak dibanding menggunakan metode tradisional. Selain itu tes ini juga dapat untuk mendeteksi perbedaan variasi genetik yang sangat kecil.

Akan tetapi tes ini masih belum dapat digunakan untuk membantu pengobatan klinis hingga beberapa tahun ke depan. Masih perlu terdapat perbaikan serta penambahan variasi pola genetis dan virus dalam data untuk tes ini. Selanjutnya diharap tes ini juga dapat mengenali penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. [RWP]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini