Ini Penyebab Mengapa Kita Merasa Ingin Buang Air Besar Saat Berolahraga

Kamis, 24 Oktober 2019 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana
Ini Penyebab Mengapa Kita Merasa Ingin Buang Air Besar Saat Berolahraga Ilustrasi berlari. ©Shutterstock/Rafal Olkis

Merdeka.com - Ketika berlari atau berolahraga di pagi hari, beragam pengalaman atau rasa bisa kita temui. Selain kesegaran dan rasa lelah, salah satu yang biasanya bakal kita alami ada keinginan untuk buang air besar saat berlari.

Munculnya keinginan buang air besar secara mendadak ini bisa membuat rencana olahraga yang kamu miliki jadi berantakan. Hal ini membuat olahragamu tidak optimal serta muncul rasa tak nyaman.

Masalah keinginan buang air besar ketika olahraga ini cukup sering dialami sejumlah orang. Dilansir dari Times of India, sebuah penelitian mengungkap bahwa 80 persen pelari pernah mengalami sakit perut.

Bentuk sakit ini juga dapat bermacam-macam mulai rasa nyeri dan tentu salah satunya adalah keinginan buang air besar. Pada masing-masing orang, terdapat alasan yang berbeda munculnya masalah ini.

1 dari 2 halaman

Penyebab Ingin Buang Air Besar

Walau terdapat penyebab berbeda dari masalah ini, namun gerakan naik turun yang kamu lakukan ketika olahraga bisa jadi penyebab terjadinya hal ini. Gerakan tubuh ini menstimulasi usus sehingga muncul keinginan buang air.

Selain itu, banyak juga orang yang mengonsumsi makanan manis dan minuman bersoda ketika berlari. Tingginya kandungan gula pada makanan dan minuman ketika atau sebelum lari bisa membuatmu lebih rentan terhadap masalah perut.

Gula bisa memaksa tubuh untuk melepaskan lebih banyak air pada saluran pencernaan. Hal ini pada akhirnya membuat saluran pembuangan pada tubuh semakin longgar dan muncul keinginan buang air besar.

Ketika kamu berlari, tubuhmu membuat darah menjauh dari saluran pencernaan. Aliran darah juga menjadi lebih banyak pada bagian tubuh yang bekerja lebih keras. Hal ini bisa menjadi penyebab slauran pencernaan mengalami masalah yang bisa berujung sakit perut dan diare.

2 dari 2 halaman

Cara Mencegahnya

Cara terbaik untuk mencegah situasi ini adalah dengan menghindari makan terutama sebelum kamu berolahraga. Selain itu jangan berlari langsung setelah makan karena hal ini bisa membuatmu merasa lelah, tak nyaman, serta ingin buang air besar. Untuk mengatasi masalah ini, konsumsi cemilan ringan sebelum olahraga untuk menjaga asupan energimu. [RWP]

Baca juga:
Perbedaan frekuensi Buang Air Besar pada Bayi dan Anak Harusnya Tak Jadi Masalah
Sederet Masalah Kesehatan yang Bisa Dialami Ketika Keseringan Makan Tengah Malam
Sejumlah Penyakit yang Mengintai dari dalam Kolam Renang
Penyebab Terjadinya Sendawa Terus-Menerus dan Cara Jitu Mengatasinya

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini